-->

Jumat, 29 Juli 2016

Manfaat Jintan Hitam (habbatussauda) Untuk Kesehatan Lingkungan

author photo
RahasiaSehat.net - Sejak zaman Rasulullah, jintan hitam digunakan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Rasulullah saw bersabda: "Gunakanlah Al Habbatussauda, karena didalamnya terdapat obat untuk segala macam penyakit kecuali as Sam (maut)." (Shahih Bukhori dan Muslim)
Mengkonsumsi jintan hitam sangat dianjurkan, mungkin di Indonesia tidak begitu terkenal. Namun dibeberapa negara di Eropa Jintam hitam ini merupakan salah satu obat yang paling populer karena khasiat yang terkandung didalamnya.


Dalam bidang farmasi jintan hitam juga digunakan pada berbagai jenis pengobatan diantaranya:
1. Anti bakteri
2. Anti jamur
3. Analgesik (penghilang rasa sakit)
4. Anti maag
5. Anti hipertensi
6. Anti kolinergik (mual, muntah, diare)
7. Antioksidan
8. Anti Virus
9. Anti kejang saluran cerna
10. Hipotensi (darah rendah)
11. Melindungi hati, dan masih banyak lagi penyakit yang bisa disembuhkan dengan jintan hitam kecuali kematian.

Jintan hitam atau habbatussauda adalah sebuah tanaman yang tergolong dalam jenis tanaman bunga, pohonnya yang memiliki tinggi sekitar 25-30 cm dengan batang tegak, daun runcin bergaris dan bercabang. Tanaman ini memiliki bunga yang beraturan yang membentuk bumbungan. Di dalam bunga inilah terdapat biji-biji jintan yang warnanya hitam pekat. Jika dimakan biasanya meninggalkan warna atau noda berwarna biru tua pada gigi. Jintan hitam mengandung senyawa alami yang terdiri dari Saponin, Nigelon, Zat pahit, Glukosida, Simena, Astiri, Minyak lemak, Tiokonon, D-limonena. Selain itu jintan hitam juga banyak mengandung berbagai vitamin seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin A, Sodium, Kalsium, Zat Besi, Asam amino, Omega 6 & 9, dan masih banyak lagi yang lainnya. MasyaAllah.... Sungguh tanaman yang hebat bukan?


Berikut ini manfaat jintan hitam bagi kesehatan:
1. Mengobati asma
Ekstrak air jintan hitam yang direbus memiliki efek antiasmathmatic yang kuat untuk membuka saluran asma. Riset membuktikan bahwa mengkonsumsi ekstrak jintan hitam dengan mulut meningkatkan batuk dan fungsi paru-paru pada penderita asma.

2. Herbal anti alergi
Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Nirmal Chakravaty MD membuktikan bahwa kristal jintan hitam memberikan efek supressive. Kristal ini menghambat sebuah zat yang bisa memicu pelepasan histamin. Histamin dilepaskan tubuh yang bisa memicu alergi, misalnya asma. Senyawa minyak pada jintan hitam bersifat mudah menguap. Oleh karena itu minyak ini sangat baik untuk penderita asma.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sungguh hebat dan banyak sekali manfaat dari jintan hitam ini, salah satunya dapat meningkatkan pertumbuhan sel-sel T sebagai pembunuh yang alami. Ekstrak jintan hitam dapat digunakan sebagai bioregulator, artinya jintan hitam bisa melawan berbagai penyakit yang menyerang sistem kekebalan tubuh seperti timbulnya gejala kanker.

4. Anti bakteri pada pencernaan
Sebuah penelitian membuktikan bahwa minyak volatil yang terdapat pada jintan hitam lebih baik dari ampicilin yang bisa membunuh bakteri V colera dan E Coli.

5. Menetralisir racun
Racun yang mengganggu organ vital dalam tubuh seperti paru-paru dan hati bisa mengganggu kinerja orga tersebut. Saponin yang terkandung dalam jintan hitam mampu membersihkan racun dalam tubuh.

6. Meningkatkan konsentrasi otak
Omega 3 dan omega 6 yang terkandung dalam jintan hitam membantu menutrisi kecerdasan otak sangat baik. Selai itu juga bisa membantu melancarkan peredaran darah ke otak.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari jintan hitam dan masih banyak lagi manfaat-manfaat dari jintan hitam yang lainnya.



Terima Kasih telah membaca Artikel ini. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post