-->

Senin, 29 Agustus 2016

5 Manfaat Tidak Makan Nasi Putih Untuk Diet dan Kesehatan

author photo
RahasiaSehat.net - Sebagian besar masyarakat indonesia, nasi putih merupakan makanan pokok sekaligus makanan utama sehari-hari. Nasi putih yang berasal dari beras ini dianggap oleh sebagian masyarakat jika belum makan nasi, mereka seperti belum makan. Hal ini dikarenakan kebiasaan masyarakat yang turun temurun serta kondisi tanah di Indonesia yang subur dan berpotensi menghasilkan beras dalam jumlah melimpah.


Nasi putih menjadi menu dasar yang selalu tersaji di meja makan keluarga ataupun acara-acara formal hingga perayaan besar. Dalam tiga jadwal makan sehari, nasi putih bisa dipastikan akan selalu ada dan menjadi menu yang paling banyak disantap jika dibandingkan dengan lauk, sayur, kacang-kacangan maupun buah. Nasi putih dianggap sebagai sumber karbohidrat yang amat baik dan merupakan sumber energi untuk melaksanakan dan menyelesaikan kegiatan sehari-hari.

Akhir-akhir ini, banyak orang yang sedang menjalani diet atau program sehat mulai mengurangi konsumsi nasi putih atau bahkan ada yang berhenti total mengonsumsi atau tidak makan nasi putih. Sebagai gantinya, mereka mengganti porsi nasi putih dengan karbohidrat lain semisal kentang, umbi-umbian, nasi jagung atau nasi merah. Alternatif-alternatif tersebut dianggap memberi asupan yang lebih ‘aman’ baik untuk membentuk berat badan ideal maupun untuk menyehatkan badan secara keseluruhan. Nasi putih, sebaliknya, diketahui memiliki beberapa efek samping yang bisa berbahaya jika dikonsumsi berlebihan atau oleh konsumen dengan spesifikasi tertentu. Dari situ, tidaklah mengherankan jika banyak yang berhenti total mengonsumsi atau tidak makan nasi putih.

>> Baca juga artikel kami sebelumnya 6 Manfaat Air Beras Untuk Kulit dan Rambut

Manfaat tidak makan nasi putih diantaranya adalah sebagai berikut.
1. Mengendalikan nafsu makan
Kandungan  karbohidrat dan pati yang dimiliki nasi putih dapat memicu bertambahnya nafsu makan sehingga jika anda mengonsumsi nasi putih, anda cenderung akan menambah porsi ataupun akan kembali makan dalam jarak waktu yang tidak demikian lama. Nasi putih juga merupakan jenis makanan yang tak bisa mengenyangkan dalam porsi yang sedikit, sehingga anda akan cenderung melahapnya dalam porsi yang besar. Karena itu, jika anda masih belum bisa stop mengonsumsi nasi putih, anda bisa mengurangi volume dan intensitas mengonsumsi nasi putih dengan merampingkannya menjadi sekali sehari dengan porsi sedang. Sugesti untuk mengurangi konsumsi nasi putih demi kesehatan juga Anda butuhkan untuk membiasakan diri mengurangi atau menghentikan konsumsi nasi putih.

2. Menurunkan Berat Badan
Alasan lain untuk tidak makan nasi putih adalah untuk menurunkan berat badan. Pelaku diet biasanya memiliki motif yang sedemikian sehingga mereka berusaha sebisa mungkin untuk berhenti tidak makan nasi putih. Hal ini berkaitan erat dengan kandungan karbohidrat dalam nasi yang signifikan menambah berat badan.

3. Mencegah dan mengatasi diabetes
Manfaat tidak makan nasi putih bagi kesehatan juga penting untuk mencegah dan mengatasi diabetes. Anda yang menderita diabetes, sangat penting untuk menghindari konsumsi nasi putih yang penuh kalori. Nasi terkenal “Manis” dan dapat memicu diabetes semakin parah karena dapat menimbun gula darah paling tinggi dibandingkan dengan makanan lainnya.

4. Mengatasi konstipasi
Nasi putih memiliki kandungan serat yang sangat rendang dibandingkan dengan buah dan sayuran. Hal ini dapat memperburuk gerakan usus serta menyebabkan sembelit atau konstipasi. Jika anda bisa menambah porsi buah dan sayur dibanding dengan nasi putih, pencernaan anda akan sehat dan sistem pembuangannya akan lancar. Atau anda bisa mengganti nasi putih dengan nasi merah yang kaya akan serat untuk melancarkan pencernaan dan terpenuhinya supan tubuh.

5. Mengatur kadar gula dalam darah
Nasi putih memiliki kandungan pati dan gula yang besar sehingga tidak baik dalam menjaga kestabilan gula darah. Dengan mengonsumsi nasi putih secara berlebihan dapat menaikkan kadar gula dalam darah sehingga ketika melonjak akan beresiko pada penyakit diabetes. Oleh karena itu banyak penderita diabetes yang tidak makan nasi putih dan menggantinya dengan sumber karbohidrat yang lain.




Terima Kasih telah membaca Artikel 5 Manfaat Tidak Makan Nasi Putih Untuk Diet dan Kesehatan. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post