-->

Senin, 29 Agustus 2016

8 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Saat Menstruasi

author photo
RahasiaSehat.net - Ketika tamu bulanan atau menstruasi datang, biasanya kaum hawa ingin ngemil atau makan sesuatu seperti cokelat atau makanan cepat saji lain. Akan tetapi hal itu sebenarnya tidak memberi manfaat bagi kesehatan anda yang sedang mengalami menstruasi. Hormon yang naik dan turun saat menstruasi membuat kebutuhan gizi wanita berubah-ubah. Oleh sebab itu penting untuk memperhatikan asupan makanan ketika mentruasi datang.


Berikut ini ada 8 makanan yang baik jika saat menstruasi anda mengkonsumsinya.
1. Kunyit
Kunyit dipercaya bisa meredakan sakit saat haid jika dicampukan dengan asam. Orang jawa menyebutnya jamu kunyit asam. Selain diolah sebagai jamu, anda juga bisa mengkreasikan sendiri seperti membubuhkan kunyit ke dalam sup, teh atau bumbu makanan yang bisa mendatangkan manfaat.

2. Jahe
Jahe mempunyai sifat anti inflamasi dan ampuh meredakan sakit perut. Sama halnya seperti kunit, jahe juga bisa anda tambahkan ke dalam teh, saus makanan atau dicampur dalam smoothies. Tubuh anda akan lebih hangat dan rileks setelah mengkonsumsinya.

3. Makanan yang mengandung zat besi
Anda akan kehilangan banyak darah saat menstruasi dan beresiko mengalami anemia. Untuk mengatasi hal itu anda bisa mencoba mengkonsumsi daging merah, unggas, ikan laut, sayuran hijau atau sereal.

4. Makanan kaya kalsium
Beberapa penelitian menunjukkan, kalsium bisa mengurangi nyeri saat PMS. Jika Anda mengalami masalah PMS, mengonsumsi produk susu, sayuran hijau, tofu, atau makanan lain yang kaya akan kalsium bisa membantu.

5. Ikan
Asam lemak omega-3 adalah anti-inflamasi yang bisa meringankan kram saat menstruasi. Kandungan ikan yang kaya akan omega-3 bisa anda dapatkan dari ikan salmon, sardine, teri, dan ikan forel.

6. Serat
Makanan tinggi serat seperti gandum utuh, buah-buahan dan sayuran bisa mencegah masalah pencernaan yang seringkali muncul saat datang bulan. Mulai sekarang anda mungkin bisa mencoba lebih rajin mengkonsumsi buah-buahan ketika sedang menstruasi atau sebelum menstruasi bisa lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan.

7. Kacag-kacangan
Ketika sedang menstruasi mungkin anda sering mengalami pusing atau sempoyongan. Anda bisa mencegah atau mengurangi hal tersebut dengan mengonsumsi kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak sayur yang banyak mengandung vitamin E.

8. Camilan rendah garam
Rata-rata wanita ingin makan cemilan asin saat menstruasi. Hal itu akan memicu kembung dan membuat menstruasi jadi lebih buruk. Anda bisa membuat kentang goreng sendiri atau ngemil popocorn tanpa garam sebagai penggantinya.

Ketika menstruasi datang, sebisa mungkin penuhi nutrisi tubuh dengan baik dan cukup. Perbanyak makan buah dan makanan yang mengandung serat, hindari makanan yang kandungan garamnya tinggi atau makanan cepat saji yang tidak baik bagi kelancaran menstruasi anda.



Terima Kasih telah membaca Artikel  8 Makanan yang Bisa Dikonsumsi Saat Menstruasi. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post