-->

Sabtu, 27 Agustus 2016

6 Bahaya Mandi Setelah Makan

author photo
RahasiaSehat.net - Makan adalah suatu kegiatan untuk memberikan gizi penting untuk tubuh sebagai modal kekuatan dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Akan tetapi makan juga menjadi sesuatu yang membahayakan bagi kesehatan jika tidak dilakuakn dengan benar dan tepat. Salah satunya adalah mandi setelah makan.

6 Bahaya Mandi Setelah Makan ( Sumber : www.arbamedia.com )

Kebiasaan mandi setelah makan, ternyata dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Karena kinerja organ dalam tubuh akan terganggu sehingga dapat mempengaruhi kesehatan.

Bahaya Mandi Setelah Makan

Berikut ini bahaya mandi setelah makan yang harus diketahui :

1. Terganggunya sistem pencernaan dan fungsi lambung

Mandi setelah makan akan menyebabkan berkurangnya volume aliran pada saluran pencernaan. Hal ini disebabkan mendadaknya perubahan suhu tubuh akibat mandi yang dilakukan setelah makan tanpa disertai jeda waktu terlebih dahulu.
Jika kita mandi setelah makan, Tubuh akan mengalami kenaikan suhu sehingga dalam kondisi tersebut akan menyebabkan turunnya suhu tubuh secara mendaadak. Jika hal ini dilakukan secara terus menerus dan dalam waktu yang lama, maka kinerja dan fungsi lambung akan melemah dan sistem pencernaan tubuh akan terganggu.

2. Melemahnya proses pencernaan

Bahaya mandi setelah makan juga dapat menyebabkan terganggunya kesehatan penceernaan. Hal ini dapat terjadi karena darah akan mengalir ke penghujung tubuh secara cepat. Sehingga aliran darah yang seharusnya menuju ke bagian atau organ tubuh yang lain tertentu menjadi terbatasi. Hal ini juga akan berimbas pada melemahnya proses pencernaan.

3. Sirkulasi darah menjadi terganggu

Darah yang ada dalam tubuhakan terkumpul pada sistem pencernaan setelah kita mengkonsumsi makanan atau minuman. Apabila kita langsung mandi setelah makan, akan menyebabkan mengembangnya pembuluh darah dalam tubuh sehingga sirkulasi darah pada bagian sistem pencernaan menjadi terganggu.

Baca juga artikel kami sebelumnya 6 Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh

4. Tersumbatnya aliran darah

Bahaya mandi setelah makan akan memberikan efek kejut pada permukaan tubuh. saraf yang terdapat pada permukaan kulit menjadi dingin secara mendadak. Karena proses metabolisme seperti penyerapan pengolahan serta mengalirkan zatzat yang terkandung dalam makanan akan meningkatkan suhu tubh secara signifikan.

Selain itu, aliran darah dalam tubuh juga tidak dapat bekerja secara optimal. Sehingga jika hal ini terjadi secara terus menerusmka akan menyebabkan trjadinya kerusakan permanen pada pembuluh darah. Kerusakan ini akan berdampak pada gejala stroke yang disebabkan oleh terhambatnya proses aliran darah.

5. Kram perut

Setelah kita mengkonsumsi makanan, pada umumnya sebagian besar volume darah akan terkonsentrasi menuju ke organ digestive atau saluran pencernaan. Dalam kondisi seperti ini, apabila kita langsung mandi maka akan terjadi proses pendinginan suhu tubuh melalui pori-pori secara mendadak. Terutama jika kita mandi dengan menggunakan air dingin, tubuh akan merespon suhu secara tiba-tiba. Hal inilah yang dapat menyebabkan terjadinya kram pada bagian perut.

6. Obesitas

Bahaya mandi setelah makan juga dapat menyebabkan tubuh mengalami obesitas. Karena proses metabolisme tubuh yang bertugas menyerap dan mengolah makanan menjadi terganggu. Suhu tubuh yang berubah menjadi dingin secara tiba-tiba, akan mengakibatkan lambung tidak dapat mencerna makanan dengan optimal.Jika hal ini berlangsung dengan terus menerus, maka tubuh akan menjadi gemuk dan perut makin membuncit.
Oleh karena itu, sebaiknya luangkan waktu setelah makan untuk tidak langsung mandi. Tunggulah sekitar 30 menit, agar tubuh siap menerima perubahan suhu melalui pori-pori ketika mandi.


Terima Kasih telah membaca Artikel 6 Bahaya Mandi Setelah Makan Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post