-->

Sabtu, 27 Agustus 2016

6 Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh

author photo
RahasiaSehat.net - Sholat adalah suatu amalan ibadah yang wajib dilakukan oleh umat muslim. Disisi lain, ternyata sholat tidak hanya merupakan amalan untuk bekal di akhirat nanti. Namun gerakan-gerakan sholat ternyata juga mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat.

6 Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh ( Sumber : passionmagz.com )

Sholat merupakan ibadah yang paling proposional bagi anatomi tubuh manusia. Setiap gerakan sholat dapat merangsang jaringan sel dan peredaran di dalam tubuh untuk bekerja lebih optimal.

Manfaat Gerakan Sholat Bagi Keseshatan Tubuh

Dalam sebuah penelitian sudah banyak yang membuktikan bahwa gerakan sholat memang berpengaruh pada bagian tubuh tertentu, asalkan dilakukan dengan benar dan dalam jangka waktu tertentu.
Berikut ini diantara manfaat gerakan sholat bagi kesehatan tubuh :

1. Takbirotul Ihram

Gerakan takbiraotul ihram yaitu berdiri tegak, Lalu mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga. Kemudian melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah.

Manfaat gerakan ini adalah dapat melancarkan aliran darah, getah bening atau limfe, serta kekuatan otot lengan. Posisi jantung dibawah otak memungkinkan untuk darah mengalir lancar keseluruh tubuh.
Saat kedua tangan diangkat, otot bahu meregang dan aliran darah yang kaya akan oksigen menjadi lancar.
Kedua tangan yang didekapkan di perut atau dada bagian bawah, akan menghindarkan dari gangguan persendian khususnya tubuh pada bagian atas.

2. Gerakan Rukuk

Gerakan rukuk yang sempurna ditandai dengan tulang belakang yang lurus, sehingga apabila diletakkan segelas air pada punggung tidak tumpah. Dan posisi kepala lurus dengan tulang belakang.

Manfaat rukuk adalah menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh serta pusat syaraf.
Tangan yang bertumpu pada lutut juga dapat berfungsi untuk relaksasi bagi otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk juga dapat bermanfaat untuk latihan kemih sehingga dapat mencegah gangguan prostat.

3. Gerakan I'tidal

Gerakan ini adalah bangun dari rukuk dan tubuh kembali tegak. Sambil mengangkat tangan setinggi telinga.

Manfaat gerakan sholat untuk kesehatan tubuh ini adalah I'tidal merupakan variasi postur setelah rukuk dan sebelum sujud. Gerakan ini dapat melatih pencernaan yang baik. Organ pencernaan yan ada dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Sehingga pencernaan aakan menjadi lancar.

Baca juga artikel kami sebelumnya 7 Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Olahraga

4. Gerakan sujud

Gerakan sujud adalah menungging dengan meletakkan  kedua tangan, lutut, ujung kaki serta dahi pada lantai.

Manfaat gerakan sujud adalah Aliran getah bening akan dipompa ke bagian leher dan ketiak. Sedangkan posisi jantung diatas otak, sehingga darah yang kaya oksigen akan mampu mengalir dengan maksimal ke otak. Aliran ini akan sangat mempengaruhi daya pikir seseorang. Oleh karena itu, lakukanlah gerakan sujud dengnan thuma'ninah dan jangan tergesa-gesa hingga darah mencukupi kapasitasnya pada otak.
Selain itu, posisi sujud juga dapat mencegah dari penyakit wasir. Dan khusus bagi wanita, posisi rukuk dan sujud juga dapat memiliki manfaat bagi kesuburan dan kesehataan organ kewanitaan.

5. Gerakan duduk

Gerakan duduk dalam sholat ada dua macam yaitu iftirosy pada tahiyyat awal, dan tawarruk pada tahiyyat akhir. Perbedaan duduk pada sholat ini terletak pada posisi telapak kaki.

Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan tubuh saat duduk iftirosy adalah ketika kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus ischiadius, posisi ini akan menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tidak dapat berjalan normal.
Sedangkan duduk tawarruk juga sangat bemanfaat bagi kesehatan khususnya pria. Karena tumit menekan aliran kandung kemih ( utetra ), kelenjar kelamin pria ( prstata), serta saluran vas deferens. Apabila gerakan ini dilakukan dengan benar akan membantu mencegah impotensi pada pria.
Variasi antara telapak kaki pada duduk iftirosy dan duduk tawarruk akan membuat seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerkan dan tekanan yang harmonis ini juga kan membantu tubuh menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ dalam tubuh.

6. Gerakan salam

Gerakan salam adalah gerakan memutar kepala ke kanan dan kekiri secara maksimal.

Manfaat gerakan ini adalah relaksasi otot sekitar leher dan kepala akan dapat menyempurnakan aliran darah kekepala. Gerakan ini dapat mencegah sakit kepala dan dapat menjaga kekencangan kulit wajah.

Demikian tadi manfaat gerakan sholat bagi kesehatan tubuh. Gerakan sholat ini tidak akan bermanfaat jika dilakukan dengan sembarangan. Oleh karena itu, lakukan gerakan sholat dengan baik dan benar, sehingga Anda dapat mendapatkan manfaat dari gerakan sholat untuk kesehatan tubuh Anda.


Terima Kasih telah membaca Artikel 6 Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan Tubuh. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post