-->

Sabtu, 08 April 2017

6 Langkah Ayah Menenangkan Bayi dan Membuatnya Tertidur Pulas

author photo
RahasiaSehat.net - Menenangkan bayi merupakan perkara yang mudah bagi orang yang sudah terbiasa, khususnya untuk seorang Ibu. Namun tidak menutup kemungkinan jika seorang Ayah juga mampu Menenangkan Bayi dan Membuatnya Tertidur Pulas, dengan trik dan caranya sendiri, seorang Ayah juga bisa melakukan hal ini.

Seorang Ayah juga merupakan orang tua yang bertanggungjawab pada pendidikan anaknya, meskipun menggendong bayi adalah perkara yang lebih sering dilakukan seorang Ibu, namun Ayah juga punya kewajiban dalam mendidik anak. Dengan menggendong, dapat membangun kedekatan antara Ayah dan Anak serta peran seorang Ayah dalam pendidikan anak. Misalnya dengan cara membacakan ayat suci Al-Quran, membaca buku, menyanyikan sebuah lagu, juga mengajaknya berbicara.

Nah pada kesempatan kali ini, mari kita bahas bagaimana cara seorang Ayah agar mampu tenangkan anaknya hingga ia tertidur.

Cara Ayah Menenangkan Bayinya (sumber : humairahcosmetics.blogspot.co.id)
Berikut ini adalah beberapa tips sederhana menenangkan bayi yang berusia di bawah 1 tahun, bagi yang ingin mempraktekkannya untuk bayi di atas 1 tahun, silahkan dicoba.

1. Buat Tenang Dulu Diri Kita
Tenangkan Hati (health.detik.com)

Sebelum menenangkan bayi, hal pertama yang harus kita lakukan adalah membuat diri kita tenang terlebih dahulu. Tenang yang saya maksud di sini adalah bebaskan pikiran kita dari berbagai masalah hidup, seperti pertengkaran dengan istri, belitan hutang, tugas-tugas yang belum terselesaikan, dan berbagai hal yang membuat kita tidak tenang. Karena kondisi yang tidak tenang akan menyebabkan bayi yang kita gendong merasa tidak nyaman karena sepertinya mereka bisa merasakan ketulusan kita dalam menggendong.

2. Nyamankan Gendongan Kita
Nyamankan Gendongan Bayi (WowKeren.com)

Hal kedua yang tak kalah penting adalah membuat posisi gendongan senyaman mungkin. Nyaman untuk bayi kita maupun bagi diri kita karena hal ini akan sangat mempengaruhi ketenangan kita dalam menggendong. Ketika kita atau bayi kita merasa tidak nyaman, maka pasti dia akan terus bergerak dan tentunya akan sulit untuk ditenangkan dan ditidurkan. Beberapa kesalahan yang mungkin sering dilakukan adalah kurangnya dekapan kita dan juga posisi tangan bayi yang dibiarkan terombang-ambing. Bahkan tangan anak kita digigit nyamuk pun kita tidak mengetahuinya.

3. Pastikan Bayi Tidak Kelaparan
Ayah Suapi Bayi (vemale.com)

Perhatikan juga apakah bayi kita sudah makan atau belum. Pada kondisi perut terisi, bayi akan lebih mudah untuk ditenangkan dan ditidurkan dengan pulas. Jika memang bisa, suapilah ia dengan makanan yang sesuai. Dalam hal ini bukan susu ya, tapi makanan pendamping ASI.

4. Senandungkan Shalawat yang Dikuasai
Senandungkan Shalawat untuk Si Kecil (metrotvnews.com)

Khususnya untuk membuat bayi tertidur, senandungkan shalawat-shalawat yang kita sudah hafal dengan baik agar ketika kita senandungkan malah membuat kita mengingat-ingat liriknya. Kuncinya adalah kita bisa tenang dalam menyenandungkannya. Hindari juga membaca lirik atau hal-hal yang kita sendiri sebenarnya juga kurang nyaman.

5. Ayunkan dengan Pelan
Ayun-ayunkan dengan tangan kita secara pelan-pelan dan tepuk-tepuk pantat anak kita dengan lembut. Perhatikan juga ritmenya, jangan terlalu keras ataupun terlalu lambat.

6. Gendong Pada Tempat yang Sejuk
Pilihlah tempat yang terbuka dan banyak pepohonan sehingga udara segar melimpah. Selain itu, semilir angin akan membuat gendongan semakin nyaman.

Terima Kasih telah membaca Artikel 6 Langkah Menenangkan Bayi usia 0,5 - 1 tahun dan Membuatnya Tertidur Pulas. Semoga artikel singkat dari rahasiasehat.net ini dapat dipraktekkan dan berhasil untuk diterapkan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post