-->

Sabtu, 06 Agustus 2016

8 Manfaat Pemberian ASI Hingga Dua Tahun

author photo
RahasiaSehat.net - Menyusui adalah hal sangat berkesan dan membahagiakan bagi seorang ibu. ASI kaya akan nutrisi yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan si buah hati. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi seorang ibu untuk memberikan ASI eksklusif selama enam bulan dan menyempurnakannya dengan pemberian ASI hingga si kecil berusia dua tahun.


Dalam sebuah studi disebutkan bahwa, nak yang diberi susu ibu lebih lama mungkin akan memiliki pemahaman lebih baik dalam bidang bahasa dan intelijen (IQ) lebih tinggi dalam hidupnya nanti. Pemberian ASI kepada si kecil hingga usia dua tahun memiliki banyak manfaat yang luar biasa. Mengenai manfaat pemberian ASI kepada anak hingga dua tahun akan kami uraikan dibawah ini.
1. ASI mengandung zat imun antibodi yang berfungsi melindungi bayi dari berbagai jenis penyakit. Jumlah zat imun dalam ASI akan meningkat ketika mencapai pada tahun kedua, sehingga akan memberikan perlindungan yang besar bagi si kecil. Oleh karena itu, jika bayi sakit yang sangat dibutuhkan adalah meminum ASI.
2. ASI mampu memenuhi 1/3 kebutuhan kalori, 1/3 kebutuhan protein, 45% kebutuhan vitamin dan 90% kebutuhan vitamin C. Sungguh luar biasa sekali bukan kandungan dari ASI yang diberikan kepada si buah hati. Oleh karena itu, berikan ASI kepada anak anda hingga 2 tahun.
3. ASI di tahun kedua lebih banyak mengandung nutrisi. Karena setiap 448ml ASI, memenuhi kebutuhan 9% dari kebutuhan energi, 43% kebutuhan protein, 75% kebutuhan vitamin A, 36% kebutuhan kalsium, 76% kebutuhan asam folat, 94% kebutuhan vitamin B12 dan 60% kebutuhan vitamin C pada kebutuhan anak. Kandungan-kandungan tersebut hanya ada pada ASI bukan pada susu atau makanan tertentu.
4. ASI memperkecil resiko anak gampang sakit ketika berumur 16-30 bulan.
5. ASI yang diberikan kepada bayi yang berumur 6 bulan lebih, mampu mencegah resiko alergi dan gangguan pernapasan atau asma.


6. ASI di tahun kedua, kandungan lemak dan energinya semakin meningkat. Selain itu, di tahun kedua ini ASI juga merupakan sumber lemak dan vitamin A yang tidak dapat digantikan oleh jenis makanan apapun.
7. ASI mempercepat pematangan lapisan pelindung dalam usus bayi, melapisi usus dan menghalangi masuknya molekul penyebab alergi dalam darah buah hati. Selain itu ASI juga memberikan perlindungan anti radang yang dapat mengurangi resiko infeksi pemicu alergi. Hal ini jika sang ibu melakukan pemberian ASI kepada si kecil selama dua tahun
8. ASI sumber nutrisi yang paling mudah dicerna saat si kecil tidak memiliki nafsu makan. karena itu dengan memberikan ASI saat si kecil dibawah tiga tahun sangat dianjurkan dan banyak manfaatnya.

Itulah beberapa manfaat memberikan ASI kepada si kecil hingga 2 tahun. Anak anda akan lebih sehat dan terbebas dari berbagai penyakit karena kandungan nutrisi yang berlimpah di dalam ASI. Tak perlu takut dengan anggapan bahwa jika anak dikasih ASI hingga dua tahun akan menjadikan anak manja, padahal itu tidak terbukti dan hanya mitos belaka. Yang ada adalah kedekatan anak kepada ibu dan anak akan bertambah. Oleh karena itu, usahakan untuk menyusui buah hati hingga usia dua tahun demi kesehatan dan sistem kekebalan tubuh anak anda.



Terima Kasih telah membaca Artikel 8 Manfaat Pemberian ASI Hingga Dua Tahun. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post