-->

Senin, 29 Agustus 2016

5 Penyebab Nyeri Haid Pada Hari Pertama

author photo
RahasiaSehat.net - Nyeri haid merupakna kram otot yang dirasakan pada perut bagian bawah yang dapat menyebar hingga punggung dan paha. Nyeri pada wanita ketika haid bisa juga terjadi dengan cukup parah sehingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Nyeri yang dirasakan akan muncul sebelum atau ketika sedang mengalami menstruasi dan dapat bertahan selam dua hingga empat hari.

5 Penyebab Nyeri Haid Pada Hari Pertama ( kotakamal.org )
Nyeri haid dapat menjadi masalah tesendiri, karena hal ini pastinya sangat menyiksa  bagi penderitanya. Oleh sebab itu, perlu Anda ketahui dan pelajari apa penyebab dari nyeri haid sehingga Anda dapat mengetahui cara yang baik untuk mengatasinya.

Kategori nyeri haid

- Nyeri haid primer merupakan sakit pada bagian perut bawah yang terjadi karena ketidakseimbangan hormon dan tanpa kelainan organ dalam pelvis. Hal ini sering dialami oleh sebagian besar wanita normal.
- Nyeri haid sekunder biasanya ditandai dengan adanya kelainan organ dalam pelvis. Nyeri haid sekunder perlu dilakukan pemeriksaan yang serius. Karena hal ini dapat disebabkan oleh adanya kista, miom atau tumor dalam rahim.

Penyebab Nyeri Haid Pada Hari Pertama

Ada beberapa faktor penyebab nyeri haid pada hari pertama. Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Kontraksi rahim ( Iskemia otot rahim )

Penyebab nyeri haid pada hari pertama ini disebabkan karena lepasnya dinding rahim akibat peningkatan prostaglandin.

Hampir semua wanita mengalami kram pada perut seperti ini yang  biasanya muncul sesaat sebelum ata hari pertama haid, nyeri haid ini biasanya berlangsung satu hingga tiga harian. Jika kontraksi pada rahim terlalu intens, dapat mendorong pembuluh darah sehingga mengakibatkan suplai oksigen ke jaringan otot rahim terhambat dan menimbulkan rasa nyeri yang sangat mengganggu.

2. Faktor hormonal

Dengan meningkatnya produksi hormon progesteron juga dapat menjadi penyebab nyeri haid pada hari pertama. Hormon progesteron dihasilkan oleh jaringan ikat kelenjar indung telur, setelah melepaskan sel telur yang telah matang setiap bulan.
Hormon ini dapat memperbesar ketegangan mulut rahim hingga lubang mulut menjadi sempit. Sehingga dapat me ngakibatkan, otot-otot rahim akanlebih kuat dalam berkontraksi untuk dapat mengeluarkan darah haid melalui mulut rahim yang sempit.
Kontraksi otot rahim inilah yang menyebabkan rasa nyeri.

Biasanya keluhan  nyeri haid dapat berkurang atau hilang setelah kehamilan atau kelahiran anak petama. Karena regangan pada waktu rahim membesar dalam kehamilan membuat ujung-ujung saraf pada rongga panggul dan sekitar rahim menjadi rusak.

3. Endometriosis

Endometriosis merupakan salah satu penyebab nyeri haid pada hari pertama. Kondisi ini biasanya terjadi ketika endometrium atau jarinagn disepanjang agris uterus pada rahim tumbuh keluar terus.

Endometriosis biasanya ditandai dengan sakit yang tak tertahankan. jika Anda mengalami rasa sakit yang intens dan tajam ketika haid, sebaiknya Anda segera periksakan ke dokter untuk mengetahui apakah harus dilakukan pengobatan lebih lanjut.

Baca juga artikel kami sebelumnya 7 Manfaat Minum air Hangat Bagi Kesehatan Tubuh

4. Pelvic Inflammatory Disease ( PID ) 

PID yaitu infeksi pada organ reproduksi wanita yang dapat disebakan oleh penyakit kelamin yang menular yang tidak segera diatasi. Penyakit ini juga dapat disebabkan oleh hubungan seksual.

Gejala PID tidak dapat lanngsung terlihat, sehingga jika infeksi ini tidak segera diatasi akan sangat berbahaya karena dapat menyebabkan seorang wanita sulit hamil. PID sering kali menjadi penyebab nyeri haid pada hari pertama, akan tetapi intensitasnya tidak terlalu tinggi.

5. Fibroid

Fibroid adalah sejenis tumor jinak yang tumbuh pada dinding uterus. Sekitar 30 persen wanita pada usia 30 tahun keatas sering mengalami fibroid dan hingga kini penyebab fibroid belum diketahui secara jelas.

Fibroid biasdanya ditandai dengan pendarahan yang cukup banyak pada rahim. Jika tumor ini berada cukup dekat dengan rahim atau menghambat aliran darah ke lapisan tersebut akan menimbulakn rasa sakit yang tiba-tiba yang berkepanjangan hingga bercak.

Demikian tadi Penyebab nyeri haid pada hari pertama. Nyeri haid biasanyna dapat diredakan dengan pijat, mandi air hangat atau berbaring denagn kaki diangkat. Namun nyeri haid juga perlu segera Anda periksakan ke dokter jika terjadi pendarahan yang berlebihan, periode menstruasi yang lebih lama, disertai demam, atau nyeri yang timbul secara tiba-tiba dan terasa intens pada panggul.


Terima Kasih telah membaca Artikel 5 Penyebab Nyeri Haid Pada Hari Pertama. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post