-->

Jumat, 29 Juli 2016

Inilah Cara Memilih Kosmetik Yang Aman Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui

author photo
RahasiaSehat.net - Kosmetik adalah perlengkapan yang tidak bisa dipisahkan bagi mayoritas kaum hawa. Sebab semua wanita pasti ingin selalu tampil cantik setiap saat. Bahkan, tidak jarang beberapa produk kosmetik selalu dibawa saat bepergian.
Bagi seorang wanita, kosmetik sangatlah menunjang penampilan mereka. Dengan kosmetik membuat mereka tampil lebih cantik dan lebih segar sehingga membuat mereka selalu percaya diri.



Dalam era perkembangan zaman ini, banyak sekali  produk kosmetik yang dijual dipasaran dari harga yang murah hingga harga yang paling mahal. Namun terkadang mereka sering tidak menyadari, ternyata tidak semua produk kosmetik yang dijual aman untuk mereka gunakan.
Karena tidak semua bahan yang digunakan cocok dan sesuai dengan jenis kulit. Selain itu, yang lebih berbahaya lagi jika kosmetik mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkury pasti akan berdampak buruk pada kulit. Bukan hanya itu saja, banyak produk kosmetik yang belum diuji secara resmi oleh laboratorium dan sudah banyak terjual di pasaran sehingga belum jelas aman dan halal untuk digunakan. Dan paling berbahaya adalah banyak produk palsu yang terbuat dari bahan berbahaya memakai merk kosmetik terkenal, sehingga produk palsu pun laris terjual.

Produk kosmetik dari bahan kimiawi tersebut memang banyak yang memberikan hasil yang memuaskan, seperti kulit menjadi lebih putih dalam waktu yang singkat bahkan jerawat tidak ada membekas sedikit pun. Namun Anda perlu mewaspadai hal tersebut, jika dipakai secara terus menerus akan berdampak buruk pada kulit Anda pada kemudian hari.

Oleh karena itu, para pakar kecantikan sangat menyarankan agar Anda selalu menggunakan produk kosmetik yang bukan hanya ramah pada kulit, tetapi juga ramah pada lingkungan. Produk kosmetik yang ramah lingkungan yaitu, produk kosmetik yang tidak hanya berbahan alami, tetapi juga produk kosmetik yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya, tidak mengandung bahan pengawet dan juga bahan pewarna buatan.

Untuk itu, Sebaiknya Anda harus selektif dalam memilih kosmetik yang Anda gunakan, Untuk menghidari kemungkinan-kemungkianan buruk yang bisa terjadi pada kulit dan kesehatan Anda.

Tips memilih produk kosmetik yang aman 


1. Utamakan produk kosmetik yang halal
Utamakan produk kosmetik yang mempunyai label halal pada kemasannya. Hal itu menunjukkan produk tersebut telah mendapat nomor sertifikasi halal dari LPPOM MUI ( Lembaga Sertifikasi Halal di Indonesia ). Hal itu membuktikan bahwa produk tersebut telah diuji kandungannya oleh lemabga tersebut, Sehingga aman untuk digunakan.

2. terdapat kode BPOM yang legal
Produk kosmetik yang aman pasti memiliki kode BPOM ( Badan Pengawas Obat dan Makanan ) Depkes RI yaitu lembaga yang menangani mengenai kelegalan suatu produk. Terutama produk makanan dan kosmetik. Jika suatu produk tidak terdapat kode BPOM pastinya bukan merupakan kosmetik yang legal, sehingga sangat mungkin produk tersebut tidak aman. Dan pastikan kode BPOM yang Anda gunakan terdaftar pada situs BPOM resmi.

Kode yang terdapat pada BPOM :
- CD untuk produk kosmetik lokal
- TR untuk produk jamu tradisional
- CL untuk produk kosmetik impor
- TL untuk produk tergolong jamu impor

3. Memiliki tanggal kadaluarsa
ketika membeli produk kosmetik, perhatikan tanggal kadaluarsa dalam kemasan suatu produk. Karena tanggal kadaluarsa sangatlah penting, untuk memastikan umur efektif suatu produk yang tentunya sangat berpengaruh pada kualitasnya.

4. Mencantumkan Nama dan alamat produsen
Produsen kosmetik yang telah resmi pasti akan mencantumkan nama dan alamat perusahaan mereka. Nama dan alamat produsen berfungsi sebagai tindakan tanggung jawab dari produsen untuk menerima pengaduan secara khusus dari para konsumen. Hal itu merupakan bentuk keterbukaan antara  produsen dengan konsumennya.

Jika Anda tidak melihat nama dan alamat produsen produk Anda, sebaiknya Anda tidak membeli produk tersebut. Karena bisa jadi produk tersebut hanya abal-abal atau imitasi.

5. Memiliki petunjuk pemakaian
Pilihlah produk kosmetik yang memiliki petunjuk pemakaian yang benar dan tepat. Karena hasil yang diperoleh bisa maksimal dengan standart keamanan produk. Para konsumen akan mendapakan hasil dari manfaat produk tersebut. Bahkan pada kosmetik yang aman pasti akan mencantumkan efek buruk yang terjadi jika produk kosmetik dirasa tidak cocok pada kulit konsumen.

6. Perhatikan komposisi bahan kosmetik
Memperhatikan bahan yang digunakan untuk membuat kosmitik adalah hal yang sangat penting untuk Anda. Perhatikan pada bahan apakah mengandung bahan yang haram atau berbahaya pada kulit.


Bahan-bahan berbahaya yang perlu Anda perhatikan antara lain :

- Merkuri. Merkuri merupakan logam berat yang sangat berbahaya bagi tubuh. Zat merkuri tidak dapat diurai oleh tubuh, sehingga ketika menembus pada kulit akan menumpuk pada ginjal.
Pada pemakaian jangka pendek, bisa menyebabkan kerusakan pada paru-paru dan diare. Sedangkan pada pemakaian jangka panjang dapat merusak ginjal dan otak pengguna. Pada kulit biasanya menyebabkan bintik-bintik hitam, alergi, iritasi ringan hingga iritasi berat.
- Hydroquinon. Zat Hydroquinon merupakan obat keras yang bisa menyebabkan iritasi kulit menjadi merah dan terbakar, dan untuk pemakaian jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan ginjal , kanker hati dan kanke darah.
- Kolagen yang berasal dari hewan yang diharamakan
- Lemak yang berasal dari hewan yang diharamkan.
- Ekstrak plasenta yang berasal dari manusia atau dari hewan yang diharamakan.
- Elastin  yang berasal dari hewan yang diharamkan.
- Gelatin yang berasal dari hewan yang diharamakan.
- Amnion atau ketuban yang berasal dari hewan yang diharamakan.
- Chivet ( hormon dari kelenjar-kelenjar ) yang berasal dari hewan yang diharamkan.

Selain cara memilih produk-produk kosmetik yang aman diatas, Anda juga perlu memperhatikan hal-hal dibawah ini :



1. Ketahui jenis kulit Anda

Mengetahui jenis kulit Anda adalah hal yang cukup penting. Seperti apakah jenis kulit Anda? karena setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, seperti kulit berminyak, kulit sensitif, kulit kering atau kulit normal. Jika sampai Anda salah memilih produk maka bisa mengakibatkan kulit Anda akan semakin berminyak atau malah semakin kering.
Terutama bagi Anda yang memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya menggunakan produk kosmetik yang terbuat dari bahan alami dan memiliki kandungan yang ringan. Agar terhindar dari iritasi dan efeksamping lainnya.

2. Beli ukuran kecil

Untuk memastikan apakah Anda cocok dalam menggunakan suatu produk, sebaiknya belilah kemasan yang ukurannya paling kecil terlebih dahulu. JIka dalam satu bulan mendapatkan hasil yang memuaskan baru bisa Anda putuskan untuk membeli produk dalam ukuran yang lebih besar.

3. Beli di toko / tempat terpercaya

Untuk menghindari membeli produk-produk kosmetik palsu yang beredar dipasaran, sebaiknya Anda membeli produk kosmetik pada tempat-tempat yang resmi atau benar-benar terpercaya.
Produk kosmetik palsu biasanya terbuat dari bahan-bahan yang berbahaya sehingga dapat merusakan kulit wajah Anda dalam waktu yang singkat.

Nah, demikian tadi tips cara memilih kosmetik yang aman dan sehat bagi kulit Anda. Semoga menjadi bahan pertimbangan Anda dalam meimilih produk kosmetik, Sehingga tidak hanya cantik yang didapat tapi juga aman dan sehat digunakan.


Terima Kasih telah membaca Artikel Inilah Cara Memilih Kosmetik Yang Aman Bagi Kesehatan Yang Perlu Anda Ketahui. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post