-->

Rabu, 10 Agustus 2016

Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Selama 6 Bulan

author photo
RahasiaSehat.net - Setelah sebelumnya saya share tentang 14 Makanan Yang Bikin Anda Cepat Tua kali ini saya akan membahas tentang Manfaat Pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan.

Peraturan dari pemerintah adalah ibu yang melahirkan bayi, wajib memberikan Air Susu Ibu ( ASI ) selama 6 bulan sejak anaknya lahir. Kenapa pemberian ASI eksklusif wajib selama 6 bulan ? 



Kewajiban pemberian ASI eksklusif pada bayi hingga 6 bulan tercantum pada Pasal 6 Peraturan pemerintah nomor 33/2012 tentang pemberian ASI eksklusif dan ditetapkan pada 1 Maret 2012. Yang berbunyi " Setiap ibu yang melahirkan harus memberikan ASI Eksklusif kepada bayi yang dilahirkannya ".

Kenapa ASI Eksklusif minimal harus 6 bulan ?

ASI Eksklusif harus diberikan kepada bayi selama 6 bulan karena pada masa tersebut bayi belum mempunyai enzim pencernaan yang sempurna sehingga sistem pencernaan bayi belum dapat mencerna makanan dan minuman lainnya. Selain itu, semua jenis nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh bayi sudah dapat dipenuhi dari Air Susu Ibu.

Tujuan pemberian ASI yang tertulis pada peraturan pemerintah tersebut adalah, untuk dapat melindungi bayi dari resiko infeksi akut, seperti diare, pneumonia, ingfeksi telinga, meningitis, infeksi saluran kemih, dan hameophilus influenza. Selain itu, pemberian ASI secara Eksklusif juga dapat melindungi bayi dari penyakit kronis di masa depan seperti diabetes mellitus tipe 1.

Pengertian ASI Eksklusif

ASI Eksklusif adalah pemberian ASI pada bayi tanpa memberikan makanan lainnya dari usia 0 hingga 6 bulan. Dengan demikian, bayi tidak diberikan tambahan makanan lainnya seperti susu formula, air putih, air teh, madu, dan makanan padat sebelum usia 6 bulan.

Pemberian ASI Eksklusif sebaiknya diberikan pada bayi hingga 6 bulan, selanjutnya setelah 6 bulan bisa diberikan makanan pendamping ASI. Pemberian ASI dapat dilakukan hingga bayi berusia 2 tahun.

Namun menurut hasil survei, kesadaran pemberian ASI Ekskusif hingga usia 6 bulan semakin berkurang. Hal ini biasaya dikarenakan   karena para Ibu khawatir jika bayi hanya diberi ASI saja tidak kenyang, sehingga diberikan tambahan makanan lain seperti susu formula, air putih hingga makanan lainnya sebelum bayi usia 6 bulan. Tentu saja hal ini merupakan kesalahan, karena pemberian ASI Eksklusif tidak seperti itu.

Sebenarnya Ibu tidak perlu khawatir ASI yang diberikan tidak memberikan rasa kenyang pada bayi sehingga pemberian makanan lain pada bayi hingga usia 6 bulan tidak diberikan untuk mendukung pemberian ASI Ekslusif.

Jenis ASI dan Manfaatnya 



Yuk kenali jenis ASI dan manfaatnya yang berbeda-beda untuk mendukung pemberian ASI Eksklusif hingga usia 6 bulan.

1. Kolostrum

Kolostrum merupakan ASI yang keluar pertama kali pada ibu yang baru melahirkan dan memiliki warna kekuning-kuningan, umumnya 1-3 hari setelah kelahiran.

Jenis ASI Kolostrum sangat bagus diberikan pada bayi, karena pada jenis ASI ini mengandung protein yang dapat berfungsi sebagai antibodi dalam membunuh kuman. Bahkan kolostrum dapat dikatakan sebagai imunisasi pada bayi yang baru lahir karena memiliki manfaat yang baik sebagai antibodi pada tubuh bayi.

2. Susu Transisi

Susu transisi merupakan jenis ASI yang diproduksi setelah kolostrum yang biasanya keluar pada hari ke 4 hingga 10 kelahiran bayi.

Didalam susu transisi mengandung immunoglobin proten dan laktosa, walaupun memiliki konsentrasi lebih rendah dibandingkan dengan ASI kolostrum namun susu transisi memiliki jumlah kalori dan kandungan lemak yang tinggi. Warna jenis ASI ini adalah lebih putih dari kolostrum.

3. Susu Matur

Susu matur adalah ASI yang keluar setelah 10 hari kelahiran bayi hingga seterusnya.

Susu matur berwarna putih dan kental. Komposisi dari ASI yang keluar pada isapan pertama merupakan lemak dan karbohidrat yang lebih banyak dihasilkan pada isapan yang terakhir. Untuk itu, jangan terlalu cepat memindahkan bayi ketika sedang menyusui hingga hisapan pada bayi telah habis.

Manfaat ASI Eksklusif


Pemberian ASI Eksklusif sangat bermanfaat bagi bayi dan juga ibu. Manfaat pemberian ASI Eksklusif, antara lain :


Manfaat ASI Pada Bayi

1. ASI dapat dapat menjadi antibodi alami pada tubuh  bayi terutama yang berhubungan denagn penyakit yang disebabkan karena infeksi.

2. ASI adalah minuman yang juga merupakan makanan yang sangat berkualitas bagi bayi karena mudah dicerna, higienis, dan aman dari segala macam pengawet.

3. ASI dapat menyempurnakan pertumbuhan bayi sehingga bayi akan terhindar dari penyakit dan akan tumbuh cerdas.

4. ASI dapat memperindah kulit, gigi dan bentuk rahang pada bayi.

5. ASI eksklusif dapat menghindarkan bayi dari terkena penyakit diare, sembelit dan alergi.

6. ASI eksklusif dapat mencegah kematian bayi. Karena bayi dibawah usia 2 bulan dan tidak menerima ASI enam kali lebih beresiko meninggal dunia yang disebabkan oleh diare atau infeksi saluran pencernaan dari pada bayi yang menerima ASI.

7. ASI dapat memenuhi kebutuhan air pada bayi, sehingga bayi tidak memerlukan cairan tambahan.

8. ASI nantinya dapat mengoptimalkan perkembangan fisik dan mental bayi.

9. ASI dapat mengurangi kemungkinan obesitas pada bayi.

10. ASI juga memiliki tekan darah yang tinggi yang lebih rendah shingga akan menghindarkan bayi dari tekena serangan jantung.

Manfaat ASI bagi Ibu

1. Meningkatkan hubungan ibu dan anaknya
2. Mengurangi resiko osteoporosis
3. Mencegah kanker payudara
4. Kontrol kelahiran
5. Membuat rahim kembali ke ukuran normal
6. Menurunkan berat badan
7. Menghemat biaya

Cara Memberikan ASI Eksklusif pada bayi 


* Mempunyai motivasi yang kuat untuk memberikan ASI Eksklusif
* Memeriksa kondisi payudara jauh-jauh hari sehingga dapat meningkatkan produksi ASI
* Menyusui mulai satu jam setelah kelahiran bayi
* Memberikan ASI pada bayi tanpa memberikan makanan tambahan
* Menyusui kapan pun bayi meminta baik itu malam hari ataupun siang hari dan tidak menggunakan botol susu atau pun empeng.
* Mengeluarkan ASI dengan memerah dengan tangan atau pun memompa denagn alat.
* Menyusui bayi sesering mungkin
* Menggunakan BH yang tidak terlalu sempit sehingga proses menyusui lebih mudah.
* Mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan produksi ASI seperti daun katuk, bayam dan daun turi.

Demikian tadi alasan kenapa harus memberikan ASI Eksklusif selama 6 bulan dan beberapa diantara manfaat pemberian ASI bagi bayi dan Ibu. ASI adalah wajib bagi bayi yang baru lahir, untuk itu jangan lewatkan kesempatan memberikan ASI pada bayi Anda. Karena pemberian ASI adalah salah satu faktor pertumbuhan dan perkembangan bayi berkembang dengan sangat cepat.

Terima Kasih telah membaca Artikel Manfaat Pemberian ASI Eksklusif Selama 6 Bulan Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post