-->

Jumat, 05 Agustus 2016

10 Sinyal Ginjal Anda Bermasalah

author photo
RahasiaSehat.net - Ginjal adalah organ yang bekerja keras dalam membuang limbah dan cairan berlebih dari dalam tubuh. Selain itu ginjal juga berperan dalam mengatur garam, kalium, kadar asam, menjaga tekanan darah, memproduksi vitamin D dan mengontrol produksi sel darah merah.
Seperti anggota tubuh lain, ginjal juga bisa sakit. Gejala kerusakan ginjal biasanya tidak terlihat. Pada saat anda sadar, mungkin rusaknya ginjal sudah terlanjur serius. Ginjal bisa kehilangan 90% fungsinya tanpa gejala yang jelas. Cara terbaik untuk melindunginya dengan cara menjaga kadar gula, tekanan darah normal da perbanyak minum air putih minimal sehari 2 liter.


Di zaman modern seperti saat ini, dengan gaya hidup masyarakatnya yang modern. Dibalik itu tersimpan bahanya yang cukup mengkhawatirkan. Gerakan kerja yang cepat menyebabkan kebanyakan orang seringkali tidak memperhatikan waktu istirahat dan asupan makanan yang cukup. Padahal bisa memicu timbulnya penyakit berbahaya bagi tubuh jika dibiarkan terus-terusan. Ginjal terutama yang paling sering terkena imbas dari gaya hidup yang serba cepat. Sebuah penelitian di Amerika Serikat menyebutkan bahwa tak kurang dari 26 juta penduduk dewasa di negara tersebut mengalami gagal ginjal. Sedangkan 90% diantaranya tidak menyadari kalau mereka sedang mengalami penyakit tersebut.

Mungkinkah anda mempunyai beberapa tanda ginjal bermasalah seperti dibawah ini? Mari kita simak dulu penjelasannya.
1. Mudah merasa lelah
Fungsi dari ginjal itu sendiri adalah untuk mempercepat pembuangan kotoran dan racun dalam tubuh. Jika ginjal mengalami penurunan fungsi, maka bisa dipastikan akan ada semakin banyak zat-zat berbahaya yang akan akan mengalir dalam darah. Dampaknya, tubuh akan terasa cepat lelah, tidak bertenaga dan sulit fokus. Gangguan gijal ini juga berpotensi memunculkan penyakit anemia yang kerap membuat penderita mera lemah dan lelah.

2. Susah tidur
Sudah melakukan aktivitas seharian yang membuat capek, akan membuat badan lebih gampang untuk tidur. Namun yang terjadi malah sebaliknya, anda merasa susah tidur padahal seharian sudah beraktivitas. Hal tersebut bisa jadi salah satu anda terkena penyakit ginjal. Ginjal yang tidak bekerja dengan baik akan membuat tubuh dipenuhi degan kandungan racun yang pada akhirnya membuat anda lebih sulit beristirahat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa obesitas memiliki hubungan erat dengan penyakit ginjal parah. Mereka yang mengalami penurunan fungsi ginjal dipastikan bakal lebih sulit tidur di malam hari.

3. Lebih sering merasa ingin buang air kecil
Anda merasa lebih sering ingin buar air kecil? Jika anda merasa demikian terutama ketika malam hari, ini bisa menjadi pertanda penyakit ginjal. Ketika fungsi penyaringan yang ada di dalam ginjal rusak, akan memancing tubuh untuk memberikan sinyal yang membuat kita merasa ingin buang air kecil. Buang air kecil terlalu sering juga bisa menjadi pertanda gangguan saluran kemih atau prostat pada pria.
Penderita sakit ginjal pada umumnya wanita kencing rat-rata 3-4 kali dan pria 5-6 kali setiap harinya. Jika malam, mereka bangun untuk buang air kecil 2-3 kali itu tidak normal kecuali jika minumnya berlebihan atau setiap habis kencing minum lagi.


4. Darah dalam urin
Ginjal yang sehat pada umumya akan mencoba menahan sel darah tetap berada dalam tubuh, sambil menyaring kotoran dari darah untuk menciptakan urin. Akan tetapi ketika ginjal rusak, sel darah tersebut mulai bocor dan masuk ke dalam urin. Darah yang ikut keluar bersama urin juga bisa menandakan adanya tumor, batu ginjal atau infeksi.

5. Urin berbusa
Urin yang keluar dari dalam tubuh banyak mengandung busa. Busa yang berlebih di dalam urin ketika kita berada di kamar mandi akan membuat kita beberapa kali menyirammnya sampai benar-benar hilang dari toilet. Ini mengindikasikan bahwa adanya protein di dalam urin yang menyebabkan busa terlihat seperti busa telur saat dikocok. Mengingat protein yang ada di dalam urin, albumin merupakan jenis protein yang sama seperti yang ada di telur.

6. Kulit kering dan gatal
Ginjal yang sehat memiliki peranan penting bagi seluruh tubuh, selain menyaring racun dalam tubuh ginjal juga berperan dalam membersihkan kotoran dan cairan berlebih dari dalam tubuh. Ginjal juga membantu dalam memproduksi sel darah merah, membuat tulang tetap kuat, dan menjaga kestabilan mineral di dalam tubuh. Kulit yang kering dan terasa gatal bisa jadi merupakan tanda penyakit berhubungan dengan mineral dan tulang yang seringkali dikaitkan dengan ginjal.

7. Kehilangan nafsu makanan
Anda tidak lagi mempunyai nafsu makan yang besar. Ini merupakan gejala yang amat umum, namun penumpukan racun yang terjadi dalam tubuh sebagai akibat dari kerusakan fungsi ginjal bisa menjadi salah satu penyebabnya.

8. Kram otot
Otot dalam tubuh mengalami kram karena kekurangan elektrolit atau bisa disebabkan adanya gangguan fungsi ginjal. Sebagai contoh, level kalsium yang lebih rendah dan kendali yang buruk atas kandungan fosfor di dalam tubuh pada saatnya nanti akan menyebabkan kramnya otot.

9. Sakit pinggang
Pinggang terasa sakit bisa berasal dari ginjal atau saluran kemih bagian atas. Yang perlu diperhatikan, apabila keluhan tersebut dirasakan pada salah satu sisi, menungkinan ada kelainan ginjal besar sekali. Jika merasa sakit pada kedua pinggang, dan semakin sakit jika tubuh dibungkukkan, aka penyebabnya bukan dari ginjal. Akan tetapi dari otot atau tulang belakang.

10. Mata bengkak
Daerah disekitar bola mata mengalami pembengkakan. Protein yang ada dalam urin merupakan pertanda awal bahwa ginjal anda sudah mengalami kerusakan, hingga membuat protein ikut keluar bersama urin. Bengkak yang ada di sekitar bola mata disebabkan fakta bahwa ginjal yang ada di dalam tubuh melepas terlalu banyak protein bersama urin.

Semoga keterangan diatas bisa menambah pengetahuan bagi kita semua mengenai keluhan atau gejala yang sering kita rasakan namun sering terabaikan. Dan semoga menjadikan kita lebih menjaga kesehatan dari pola makan dan pola hidup.



Terima Kasih telah membaca Artikel 10 Sinyal Ginjal Anda Bermasalah. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post