-->

Jumat, 05 Agustus 2016

Apakah Anda Sering Mendengkur? Ini Cara Mengatasinya

author photo
RahasiaSehat.net - Mendengkur atau biasa disebut ngorok merupakan suara pernafasan yang kesulitan berjuang menembus saluran pernafasan ketika tidur. Keika tidur dalam keadaan nyaman dan rileks maka proses tarik menarik nafas akan semakin berat karena otot saluran udara menjadi sempit. Mendengkur bisa dialami siapa saja terutama kepada orang yang sering kelelahan atau jarang istirahat.

ilustrasi tidur mendengkur ( Sumber : burungbudidaya.blogspot.com )


Mendengkur biasanya disebabkan oleh beberapa faktor antara lain seperti masalah pada hidung, sinus, radang amandel, kelebihan berat badan, konsumsi alkohol, posisi tidur dan faktor usia.

Mendengkur merupakan hal biasa bagi sebagian orang saat tidur, Bagi orang yang mendengkur kondisi ini mungkin tidak mengganggu tidur Anda. Namun hal ini pasti sangat mengganggu pasangan tidur Anda. Jika tidak segera diatasi, waktu yang seharusnya digunakan untuk pasangan beristirahat menjadi terganggu karena suara berisik dari dengkur Anda.

Mungkin selama ini Anda juga belum mengetahui bahwa ternyata mendengkur bisa menjadi tanda-tanda Anda memiliki penyakit serius seperti apnea tidur yaitu, gangguan tidur yang dapat membuat Anda berhenti bernafas selama beberapa detik hingga dua menit ketika Anda terlelap. Hal ini akan menyebabkan kadar oksigen dalam tubuh Anda akan menurun dan menyebabkan Anda kelelahan dan sakit kepala esok paginya.
Mendengkur ini juga sangat erat kaitannya dengan beberapa penyakit berbahaya lainnya seperti penyakit jantung, stroke, tekanan darh tinggi, dan obesitas.

Untuk itu, demi menjaga ketenangan dengan pasangan Anda dan menghindari bahaya-bahaya tersebut sebaiknya Anda segera menanggulangi kebiasaan buruk ini.

Tips cara mengatasi mendengkur ketika tidur secara alami


Berikut ini saya bagikan tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari mendengkur ketika tidur.

1. Perbaiki posisi tidur

Posisi tidur ternyata juga dapat mempengaruhi mendengkur atau tidak. Tidur denagn posisi terlentang memicu penyempitan saluran udara. Agar terhindar dari mendengkur sebaiknya Anda mengubah posisi tidur Anda dengan menerapkan posisi yang benar. Dan posisi yang baik bagi orang yang rentan mendengkur adalah miring atau menyamping ke satu sisi.

2. Turunkan berat badan 

Kelebihan berat badan adalah salah satu penyebab tidur ngorok. Untuk itu, Anda harus berupaya agar berat badan Anda tetap ideal. Lakukan olahraga dan diet sehat yang tepat agart Anda mendapatkan tidur yang nyaman dan berkualitas.

3. Tinggikan kepala saat Anda tidur

Kebanyakan orang yang mendengkur disebabkan karena posisi kepala mereka yang terletak jauh ke belakang dari bantal.
Untuk itu, cobalah tidur dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi untuk menopang kepala Anda. Usahakan posisi lebih tinggi dari posisi biasanya. Hal ini akan membantu Anda membersihkan penghalang di bagian tenggorokan.

4. Bersihkan sinus Anda

Sebelum tidur, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu sinus pada hidung Anda. karena apabila terjadi kemacetan pada aliran sinus adalah penyebab utama timbulnya dengkuran saat tidur.

5. Hirup uap air hangat

Menghirup uap air sebelum tidur dapat membantu hidung bernafas lebih lega. Proses ini juga akan dapat membuat lendir yang menyumbat  hidung mudah untuk dikeluarkan. Setelah dibersihkan, maka suara dengkuran akan berkurang.

6. Cukupi tidur Anda

Kurang tidur atau jadwal tidur yang buruk juga merupakan penyebab tidur dengan mendengkur.
Misalnya, ketika Anda terlalu sibuk dengan pekerjaan Anda hingga mengabaikan waktu tidur Anda, maka ketika Anda sudah mencapai titik kelelahan yang sangat parah, kondisi otot akan brubah menjadi titik tegang sehingga membuat Anda tidur dengan mendengkur.

7. Hindari merokok

Merokok dapat menyebabkan hidung dan paru-paru Anda tersumbat. Hal ini akan memicu Anda tidur mandengkur. HIndarilah kebiasaan merokok agar terhindar dari mendengkur dan terbebas dari bahaya rokok lainnya.

8. Jaga Kebersihan kamar tidur

Jaga selalu kebersihan kamr tidur Anda, karena alergi juga dapat memicu Anda tidur dengan mendengkur.
Bersihkan perabotan kamar seperti bantal, sprei, tirai agar terbebas dari tungau atau kutu.

Hindari juga tidur dengan hewan peliharaan agar terhindar dari ketombe binatang yang masuk ke rongga hidung.


9. Hindari minuman keras dan obat tidur

menenggak minuman keras 4 sampai 5 jam sebelum tidur dapat membuat dengkuran menjadi lebih parah.
Minum obat tidur juga harus dihindari karena obat tidur dapat membuat otot-otot pada leher menjadi rileks sehingga menyebabkan dengkuran menjadi makin parah.

10. Perbanyak minum air putih

Ketika Anda mengalami dehidrasi, proses pelepasan lendir pada hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket. Hal ini akan memicu Anda untuk mendengkur saat tidur. Untuk itu, perbanyaklah minum air putih. Sebaiknya bagi wanita, minum 11 gelas sehari dan pria 16 gelas perhari.

Demikian tadi tips cara mengatasi mendengkur ketika tidur. Selamat mencoba..!!



Terima Kasih telah membaca Artikel Apakah Anda Sering Mendengkur? Ini Cara Mengatasinya. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post