-->

Sabtu, 06 Agustus 2016

author photo
RahasiaSehat.net - Segala makanan maupun minuman yang masuk dalam tubuh kita akan melalui proses pencernaan. Oleh karena itu kita harus menjaga pola makan kita dan mengetahui makanan apa saja yang baik dan buruk bagi pencernaan kita. Hal ini dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit dan membuat kondisi tubuh tetap fit.


Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi makanan apa saja yang tidak baik bagi kesehatan pencernaan anda :

1. Makan Gorengan Atau Makanan Yang Mengandung Lemak Tinggi Tidak Baik Bagi Kesehatan Pencernaan

Gorengan maupun makanan yang tinggi lemaknya dapat menjadikat refluks asam dan hearburn. Hal ini juga dapat membuat tinja berwarna pucat yang di sebut stetorrhea. Kelebihan lemak dalam tinja di sebut Steatorrhea. Seperti krim dan mentega yang merupakan makanan yang harus dihindari bagi penderita sindrom iritasi usus. Selain itu makanan tersebut juga dapat menyebabkan masalah pencernaan.

2. Minuman Bersoda, Kopi Dan Teh Tidak Baik Bagi Kesehatan Pencernaan

Minuman ini dapat mengendurkan esophageal spincter namun juga menimbulkan bertumpuknya asam lambung dan bersifat diuretik yang dapat memicu diare dan kram. Sebaiknya anda mengurangi mengkonsumsi minuman tersebut. Selain itu munuman yang berkafein juga dapat memperburuk penyakit gastroesophageal reflux (GERD).

3. Makanan Pedas Tidak Baik Bagi Kesehatan Pencernaan

Makan makanan yang pedas dapat menyebabkan rasa sakit mulas pada perut dan juga mengiritasi kerongkongan. Selain itu makanan pedas dapat menurunan tekanan otot bagian bawah kerongkongan sehingga dapat menyebabkan asam lambung naik dan memicu refluks asam yang menyakitkan. Hal ini dapat diperparah dengan orang yang memang memiliki sindrom iritasi usus dan juga orang yang menderita maag kronis.

Sistem Pencernaan Manusia

4. Makanan Yang Terlalu Asam Tidak Baik Bagi Kesehatan Pencernaan

Tentu kita tau makanan yang mempunyai rasa asam dapat meningkatkan asam lambung. Hal ini perlu di hindari. terutama bagi anda yang memang sudah mempunyai sakit maag.

5. Makanan Yang Bersantan Tidak Baik Bagi Kesehatan Pencernaan

Banyak orang yang lebih menyukai makanan kuah yang bersantan. Karena dapat membuat makanan menjadi gurih. Namu Perlu anda tahu Bahwa Dampaknya Juga Kurang Baik Bagi Kesehatan pencernaan anda. makanan bersantan dapat membuat sistem pencernaan kurang lancar dan perut terasa begah. Anda lebih baik memilik makanan yang berkuah bening dengan kuah kaldu untuk menjadi alternatif pilihan ketimbang makanan bersantan.

6. Minuman Berakohol Tidak Baik Bagi Kesehatan pencernaan

Alkohol memang sangat banyak tidak baiknya bagi tubuh kita. Alkohol dapat membuat tubuh menjadi lemas, selain itu alkohol juga dapat menyebabkan mulas atau refluks asam. Dan juga dapat mengikis bagian dinding lambung karena memberi rasa terbakar, mencegah penyerapan nutrisi dan mencegah enzim tertentu.

7. Susu Dan Keju Tidak Baik Bagi Kesehatan Pencernaan

Hal ini bagi orang yang memang memiliki masalah intoleransu laktosa atau orang yang kekurangan enzim laktase. Laktese merupakan enzim yang memecah laktosa atau gula yang di temukan pada susu. Hal ini bagi orang yang mempunyai kondisi seperti itu dapat menyebabkan gas, diare, kran dan perut kembung. Selain itu penyakit crohn, celiac dan juga kemoterapi dapat merusak usus yang dapat menyebabkan intoleransi laktosa.

Itulah beberapa makanan yang tidak baik bagi kesehatan pencernaan.

Terima Kasih telah membaca Artikel 7 Makanan Yang Tidak Baik Bagi Kesehatan Pencernaan. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post