-->

Kamis, 04 Agustus 2016

4 Kesalahan Sarapan yang Dapat Menaikkan Berat Badan

author photo
RahasiaSehat.net - Seperti yang kita ketahui, sarapan menjadi waktu makan yang paling penting setiap harinya. Sarapan berguna menjaga agar metabolisme kita tetap normal sepanjang hari. Karena sangat pentingnya sarapan, harus dilakukan dengan benar dengan pilihan porsi yang benar dan dalam jumlah yang benar. Selain itu dianjurkan juga untuk sarapan sebelum jam 9 pagi, agar kita mempunya tenaga saat beraktifitas. Akan tetapi kita cenderung sering melakukan kesalahan-kesalahan saat sarapan yang malah memicu penumpukan lemak dan kalori dalam tubuh. Kemudian kebiasaan yang salah saat sarapan itu dilakukan berulang-ulang karena ketidak tahuan kita.
Dibawah ini akan kami jelaskan mengenai kesalahan kita saat sarapan pagi yang membuat berat badan naik.



1. Melewatkan sarapan
Mungkin banyak diantara kita yang beranggapan bahwa dengan mengurangi jadwal makan waktu pagi bisa membuat tubuh langsing. Tapi itu salah besar! Melewatkan sarapan justru akan memicu terjadinya obesitas, karena kita cenderung akan makan berlebih saat siang hari karena rasa lapar yang berlebihan. Akibatnya, kita akan mengonsumsi lebih banyak lemak dan kalori bahkan jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh bisa mencapai 100 kalori lebih banyak dari pada orang yang rajin sarapan.

Peneliti di Imperial College London menemukan, orang yang melewatkan sarapan, di dalam otak mereka yang mengatur bagian reward menjadi aktif. inilah yang menyebabkan otak jadi membayangkan makanan manis dan sarat karbohidrat.

Perbaiki: Usahakan tidak melewatkan sarapan. Jika yang jadi masalah adalah waktu, cobalah untuk membekali diri dengan snack bar rendah gula dan kalori serta buah seperti pisang dan apel.

2. Mengandalkan makanan berkarbohidrat tinggi untuk sumber energi
Makan kue muffin bersama kopi sepertinya tidak ada yang salah. Tapi, kebanyakan kue muffin dan bolu mengandung kadar gula yang tinggi melebihi jumlah maksimal yang dibolehkan oleh ilmu kesehatan yakni 24 grom perhari atau setara dengan enak sendok teh. Biasanya, muffin mengandung 44 gram gula tambahan.

Perbaiki: Anda tidak harus menghindari gula jika menginginkannya. Hanya saja, kurangi porsinya. Misal dengan menambahkan cokelat hitam ke dalam sereal sarapan anda atau buat smoothie dengan yoghurt atau oatmeal.

3. Melupakan buah-buahan
Jarang ada orang memilih buah dan sayur sebagai menu sarapan. Produce for Better Health Foundation, merekomendasikan anda untuk makan dua porsi buah dan tiga porsi setiap hari. Mungkin jumlah ini disangka terlalu banyak jika hanya dimakan pada saat makan siang dan malam.

Perbaiki: Dengan mengkonsumsi setidaknya satu porsi buah atau sayur saat sarapan dengan ditambah irisan wortel dan daun bawang, lada, omelette. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika mengkonsumsi buah dan sayur pada saat sarapan. Tubuh akan terasa segar dan fit dalam mejalankan aktifitas.

4. Jumlah sarapan yang terlalu sedikit
Dalam keadaan ini dikarenakan waktu yang kurang karena kesiangan atau banyaknya jadwal yang menyebabkan sarapan ala kadarnya.
Sebuah nasehat yang mengatakan: Sarapanlah seperti raja, makan siang seperti pangeran dan makan malam seperti pengemis menjadi terlupan.
Dalam sebuah penelitian disebutkan, wanita obesitas yang mengasup lebih banyak kalori saat sarapan, makan lebih sedikit saat makan malam. Hasilnya mereka lebih cepat menurunkan berat badan daripada wanita yang sarapan sedikit tapi makan malam dalam jumlah yang banyak.

Perbaiki: Pilih sumber protein rendah atau tanpa lemak da karbohidrat kompleks ketika makan pagi. Ini lebih sehat ketimbang anda cuma sarapan yoghurt. Atau boleh juga konsumsi segenggam kacang-kacangan sebagai pendamping yoghurt. Kacang-kacangan adalah sumber karbohidrat sehat yang juga sarat dengan protein sehat yang dapat membuat anda kenyang lebih lama.



Terima Kasih telah membaca Artikel 4 Kesalahan Sarapan yang Dapat Menaikkan Berat Badan. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post