-->

Kamis, 04 Agustus 2016

12 Cara Mengobati Sakit Gigi dan Gusi Bengkak Secara Alami

author photo
RahasiaSehat.net -  Gusi yang bengkak sangatlah menyiksa dan membuat anda merasa tidak nyaman sepanjang hari. Gusi bengkak atau (Gingivitis) adalah peradangan dan infeksi pada jaringan gusi. Rasanya pasti sangat sakit sekali, terasa berdenyut bahkan sampai ke bagian kepala seakan-akan mau pecah. Jika dibiarkan gusi bengkak, bisa menyebabkan munculnya sakit gigi. Karena gusi merupakan jaringan kokoh yang menempel dibawah gigi. usi bengkak termasuk hal yang sudah umum ditemui. Biasanya ditandai dengan pembesaran, menggelembung, atau menonjol.

Ilustrasi gusi bengkak ( sumber: tokoternak.com)

Sebelum kita membahas mengenai cara mengobati gusi bengkak, ada baiknya kenali dulu beberapa penyebab gusi bengkak. Umumnya penyebab gusi bengkak adalah menumpuknya plak (karang) di gigi. Plak yang sangat lengket itu umumnya terbetuk proses makan dan minum. Plak juga mengandung banyak bakteri yag dapat mengganggu kesehatan gusi. Bukan hanya itu saja, gusi bengkak juga bisa disebabkan karena pemasangan gigi palsu atau perlengkapan gigi yang tidak tepat, sensitivitas terhadap penggunaan pasta gigi tertentu atau cairan kumur, bahkan bisa disebabkan karena efek obat-obat tertentu.

Cara mengatasi gusi bengkak
1. Temukan penyebabnya
Kita harus mengetahui penyebab gusi bengkak. Tujuannya adalah agar kita bisa mengatasi dan mengantisipasinya secara optimal. Dengan cara mengingat-ingat kembali apa saja yang akhir-akhir ini dilakukan. Apakah mengganti pasta gigi yang baru atau mengganti obat kumur atau justru mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Jika sudah ketemu penyebabnya, segera atasi.

2. Jaga  kebersihan gigi dan mulut
Gangguan ringan seperti gusi bengkak biasanya dapat ditangani dengan memberikan perhatian lebih pada kebersihan mulut. Menjaga kebersihan gigi dan mulut dapat dilakukan dengan cara:
- Menggosok gigi minimal dua kali sehari yaitu setelah sarapan dan sebelum tidur. Ketika mengalami gusi bengkak, usahakan memakai sikat gigi yang lembut. Dan pastikan jangan menggosok gigi terlalu kasar, lebih baik gosok gigi secara perlahan dengan gerakan melingkar.
- Selain itu bisa dengan Flossing atau membersihkan gigi dengan benang khusus gigi.
- Berkumur-ku
- Berkumur-kumurlah setelah makan untuk membuang sisa makanan yang mungkin tidak terjangkau oleh sikat gigi. Bila perlu, gunakan obat kumur yang sudah terkanal kualitasnya

3. Berkumur dengan air garam hangat
Cara mengobati gusi bengkak yang satu ini mungkin sudah kuno. Akan tetapi cara ini sampai sekarang masih efektif untuk meredakan gusi bengkak. Karena air garam memiliki sifat antibakterial yang dapat membunuh bakteri penyebab gusi bengkak. Bahkan ia juga diperkaya dengan kandungan anti inflamasi yang dapat menenangkan gusi.
Untuk membuat larutan air garam hangat yang harus dipersiapkan adalah: air hangat 1 gelas lalu ditambahkan satu sendok teh garam dapur. Aduk hingga semua garam terlarut sempurna. Gunakan air larutan garam tadi untuk berkumur selama kurang lebih satu menit dengan fokus utama pada gusi bengkak. Ulangi sebanyak 4-5 kali sehari.

Ilustrasi gusi bengkak (sumber: kinisehat.com)

4. Banyak minum air putih
Tidak semua makanan itu baik untuk kesehatan. Seperti soda, minuman kaleng atau minuman cepat saji. Biasanya minuman-minuman sejenis itu banyak mengandung gula. Oleh karena itu usahakan menghindari minuman yang mengandung gula dan ganti dengan meminum air putih yang banyak. Dengan memperbanyak minum air putih bisa mengurangi bakteri pada mulut dan juga bisa menggantikan fungsi air liur yang berkurang dengan mengonsumsi air putih dengan banyak.

5. Mengolesi dengan minyak cengkeh
Cara mengobati gusi bengkak bisa menggunakan minyak cengkeh. Minyak cengkeh teryata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan khususnya. Jika anda ingin menggunakan minyak cengkeh ini untuk mengobati gusi bengkak, anda harus menggunakan minyak cengkeh yang asli agar bekerja secara maksimal ke sumber sakit. Caranya cukup minyak cengkeh dioleskan pada gusi yang sakit, lakukan rutin minimal dua kali dalam sehari. Dalam waktu yang singkat, gusi yang bengkak akan kembali normal seperti biasa.

6. Ramuan jeruk nipis
Gusi yang bengkak ternyata bisa diobati dengan air jeruk nipis. Caranya, ambil jeruk nipis yang sudah matang dan peras air jeruk tersebut. Kemudian tambahkan satu gelas air hangat dan aduk hingga merata. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur. Sebaiknya gunakan ramuan ini pada malam hari sebelum tidur dan juga pada saat bangun pagi.

7. Mengolesi dengan madu
Apabila anda mengalami gusi bengkak, anda bisa menggunakan madu. Madu adalah bahan makanan yang memiliki banyak manfaat. Dalam madu terdapat zat yang bisa membuat pembengkakan menjadi reda. Jika anda menggunakan madu untuk mengatasi gusi bengkak, anda cukup mengoleskan madu pada bagian gusi yang sakit. Oleskan minimal tiga kali dalam sehari dan setelah itu anda akan merasakan gusi yang bengkak akan sembuh. Pastikan madu yang anda gunakan adalah madu yang alami.

8. Bawang merah
Bawang merah memiliki zat yang bisa meredakan pembengkakan. Anda hanya cukup melembutkan bawang merah dan mengoleskan pada gusi yang sakit. Cara yang satu ini terbukti sangat ampu, akan tetapi banyak orang yang enggan menggunakan cara yang sati ini dikarenakan tidak tahan dengan rasa dan bau dari bawang merah. Anda juga bisa mencampurkan bawang merah dengan garam.

9. Menggunkan lemon dan air hangat
Cara untuk mengatasi gusi bengkak selanjutnya dengan menggunakan lemon dan air hangat. Cara yang harus dilakukan adalah dengan menggunakan 1/4 lemon yang diperas airnya lalu dicampurkan dengan 1/2 gelas air hangat. Kemudian gunakan untuk berkumur-kumur, lakukan cara ini dua kali sehari. Gusi anda akan cepat sembuh dari pembengkakan.

10. Pijatan Gusi
Anda bisa melakukan sedikit pijatan pada gusi dengan menggunakan jari telunjuk untuk memijat gusi yang bengkak dengan gerakan melingkar dan juga berulang-ulang. Akan tetapi, pastikan untuk menggunakan tangan yang bersih agar tidak memicu bakteri lain masuk ke mulut anda.

11. Modifikasi diet
Sebisa mungkin hindarilah makanan yang kurang baik bagi gusi dengan menggantikannya dengan buah-buhan yang banyak mengandung vitamin C. Jadi hindari makanan yang banyak mengandung gula dan terapkan pola makan yang sehat agar gusi anda segera sembuh.

12. Kurangi stres
Kesehatan gigi dan gusi anda merupakan hal yang juga dipengaruhi oleh adanya stress. Oleh karena itu kurangilah stres dan carilah waktu untuk refreshing dan menyegarkan pikiran agar tidak tegang. Dengan menghindari stress, kesehatan mulut akan menjadi lebih baik.

Itulah beberapa tips yang bisa anda atau kerabat anda lakukan jika mengalami gusi bengkak. Jika gusi bengkak yang diderita sudah sembuh dan membuat anda nyaman. Agar tidak kambuh lagi sebaiknya anda rutin membersihkan mulut dengan cara menggosok gigi yang benar. Cara yang satu ini sangat ampuh untuk mencegah gusi bengkak kambuh kembali. Semua cara dan bahan yang disebutkan diatas sangat mudah untuk anda dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau. Yang terpenting adalah semua bahan tersebut sangat aman dan tidak berbahaya jika digunakan.


Terima Kasih telah membaca Artikel 12 Cara Mengobati Sakit Gigi dan Gusi Bengkak Secara Alami. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post