-->

Rabu, 03 Agustus 2016

5 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami dan Permanen

author photo
RahasiaSehat.net -  Rambut beruban merupakan salah satu masalah yang terjadi pada rambut kita. Apalagi jika terjadi atau dialami oleh orang-orang yang usianya masih muda seperti remaja yang tak jarang kita pernah melihatnya. Rambut beruban merupakan salah satu pigmentasi rambut yang diakibatkan karena melanin tidak mampu diproduksi secara maksimal. Pada umumnya uban akan muncul saat seseorang memasuki usia 40 tahun baik pria maupun wanita. Akan tetapi tidak jarang kita pernah menjumpai anak yang umurnya masih muda sudah memiliki uban dirambutnya.


Meskipun tidak menyebabkan kematian, munculnya uban pada rambut pada sebagian anak muda sangat mengganggu penampilan, apalagi bagi kaum wanita ingin sekali menghilangkan uban dari rambutnya.
Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan, salah satunya dengan di semir warna hitam. Akan tetapi jika rambut tumbuh harus melakukan penyemiran lagi, inginnya menghemat waktu tapi malah ribet.

Sebelum membahas mengenai cara menghilangkan uban secara alami, alangkah baiknya kita perlu mengetahui penyebab uban muncul di kepala kita itu apa sih? Mari kita simak penjelasan mengenai penyebab munculnya uban di usia muda di bawah ini:
- Stres
Stres adalah kondisi seseorang tertekan pikiran berat, dapat mengakibatkan pigmen melanin sulit untuk diproduksi secara optimal. Akibatnya, uban rambut pun muncul dalam skala yang besar.
- Faktor genetik
Seseorang yang berasal dari rambut beruban akan mengalami resiko dua kali menderita masalah rambut yang sama. Apalagi jika orang tua mengalami ubanan ketika masa mudanya dahulu.
- Defisiensi vitamin
Seseorang yang mengalami kekurangan (defisiensi) vitamin B12 akan lebih berisiko terkena uban.
- Merokok
Secara tidak langsung kepulan asap rokok dapat menghambat produksi pigmen warna rambut secara alami. Bahkan merokok dapat meningkatkan resiko rambut beruban sebesar empat kali lipat.

Putu Oka, seorang ahli akupuntur mengatakan bahwa penyebab timbulnya uban di usia yang masih muda adlaha karena kinerja paru-paru dan ginjal yang tidak optimal. Ada masalah pada ginjal dan paru-paru atau bisa juga ada faktor eksternal yang mempengaruhi pertumbuhan uban di kepala, misalnya penggunaan minyak rambut, cat rambut, polusi dan jenis makanan tertentu.
Penggunaan minyak rambut tidak hanya mengenai rambut saja, akan tetapi akan meresap ke dalam pori-pori kepala.

Ilustrasi Rambut Beruban (sumber : rambut-uban.blogspot.com)

Zat-zat kimia yang terkandung di dalam minyak rambut kadang membuat rambut tidak sehat dan menyebabkan kusut, gatal dan paling parah muncul uban. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan minyak rambut, gunakan ramuan alami atau tradisional yang dapat menghitamkan rambut seperti daun bunga sepatu, kelapa hijau, biji pepaya dan biji kelapa karena efeknya lebih jelas dan tidak menimbulkan efek samping.

Berikut ini ada 5 alternatif menghilangkan uban secara cepat dan alami hanya dalam 30 menit:
1. Lemon dan minyak kelapa
Kita tentunya sudah mengetahui bahwa lemon mempunyai kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sementara minyak kelapa memiliki kandungan hampir semua senyawa mineral alami. Kombinasi kedua bahan alami ini bisa menjadi obat yang cukup efektif bahkan dengan menggunakan lemon dan minyak kelapa rutin, rambut kita akan jauh lebih hitam lebat dan tahan lama.
Caranya: Campurkan terlebih dahulu antara perasan lemon dan minyak kelapa, banyak sedikitnya bisa dikira-kira sesuai dengan panjang rambut anda. Setelah selesai kerama, anda bisa mengoleskan dan memberi sedikit pijatan pada kulit kepala yang sudah dikasih ramuan lemon dan minyak kelapa. Setelah itu diamkan kurang lebih 30 menit agar meresap dan bekerja optimal lalu bilas menggunakan air dingin hingga bersih.

2. Biji Pepaya
Para ahli berpendapat bahwa biji pepaya mengandung semacam pigmen yang mirip melanin. Ternyata selain membuat rambut hitam legam, kandungan mineral alami dalam biji pepaya juga baik untuk menghilangkan rambut beruban.
Caranya: Siapkan biji pepaya yang masih segar secukupnya. Kemudian sangrai biji pepaya tersebut sampai kering, dan biarkan dingin terlebih dahulu. Haluskan biji pepaya dengan menumbuk dan campurkan minyak kelapa sampai membentuk adonan mirip shampo. Setelah tercampur, oleskan secara merata keseluruh bagian rambut dan jangan lupa dipijat dengan lembut. Diamkan selama 30 menit dengan ditutup kain handuk basah hangat atau shower cap. Setelah itu bilas bersih dengan keramas seperti biasanya.

3. Daun Rambutan
Daun rambutan sudah dipakai sejak jaman dahulu kala oleh nenek moyang kita untuk mengatasi berbagai masalah rambut. Mulai dari menghilangkan ketombe sampai dengan mengatasi rambut beruban. Setelah dilakukan penelitian, ternyata daun rambutan mengandung senyawa saponin, tanin, dan polifenol yang terbukti mampu meningkatkan produksi pigmen rambut alami.
Cara membuatnya: Petik daun rambutan secukupnya lalu cuci bersih dengan menggunakan air mengalir. Selanjutnya tumbuk semua daun rambutan yang telah disiapkan tadi, lalu tambahkan sedikit air panas dan peras sampai menghasilkan sari berwarna hijau. Setelah itu oleskan sari rambutan tersebut secara merata keseluruh bagian kulit kepala disertai pijatan selama 5 menit dan diamkan selama 25 menit. Tahap terakhir bersihkan rambut dengan keramas seperti biasa.

4. Minyak kemiri
Minyak kemiri memiliki kandungan mineral essens yang dapat meningkatkan produksi pigmen melanin pada rambut. Dengan perawatan rutin, rambut kamu akan jauh lebih hitam berkilau alami.
Caranya: Siapkan minyak kemiri secukupnya saja, kemudian sangrai semua sampai menjadi kering. Setelah itu haluskan kemiri yang telah disangrai tadi sampai menghasilkan minyak, tambahkan sedikit perasan air lemon dan oleskan campuran tersebut merata keseluruh bagian kulit kepala. Tunggu selama 30 menit agar bekerja secara maksimal. Tahap terakhir bilas menggunakan air dingin sampai bersih.

5. Teh Basi
Percaya atau tidak kalau teh besi ternyata cukup efektif untuk menghilangkan uban. Menurut penelitian, teh mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi yang bisa meningkatkan produksi pigmen hitam pada rambut. Bahkan dengan penggunaan teh secara rutin, rambut akan lebih berkilau secara alami.
Caranya: Seduh teh secukupnya dengan menggunakan air panas dan diamkan seduhan tersebut selama 1 malam. Ketika pagi harinya, gunakan seduhan tersebut untuk memijat area kulit kepala secara merata dan diamkan selama 30 menit dan akhiri dengan membilas menggunakan air dingin sampai bersih.

Demikian lima cara menghilangkan uban secara cepat dan alami. Agar uban yang kamu alami tidak muncul kembali, usahakan hindari stres  yang berkepanjangan, jangan gonta ganti shampo, jangan terpapar sinar matahari secara langsung, banyak-banyakin mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 seperti telur, madu , susu atau yoghurt. Usahakan untuk menghindari rebonding atau smoothing secara berlebihan, istirahat yang cukup dan olaharagalah secara teratur.


Terima Kasih telah membaca Artikel 5 Cara Menghilangkan Uban Secara Alami dan Permanen. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post