-->

Jumat, 05 Agustus 2016

6 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Yang Perlu Anda Ketahui

author photo
RahasiaSehat.net - Ginjal merupakan oragn penting dalam tubuh yang terletak pada bagian belakan perut atau abdomen. Posisinya berada dibawah organ hati dan limpa dan berada pada bagian kanan dan kiri tulang belakang.
Organ ginjal ini memiliki bentuk mirip dengan kacang, dan memiliki sisi cekung ke dalam dan memiliki berat 0,45 persendari keseluruhan berat badan seseorang.

ilustrasi cara menjaga kesehatan ginjal ( Sumber : www.solusisehatku.com )


Ginjal sangat berfungsi dalam menyeimbangkan zat-zat kimia yang ada dalam darah dan menjaga sirkulasi darah tetap bersih, dengan membuang sisa-sisa metabolisme dan cairan berlebih dalam tubuh. Apabila fungsi ginjal terganggu maka sisa-sisa metabolisme yang harusnya dikeluarkan oleh tubuh tidak dapat dikelurkan dan akan menjadi racun bagi tubuh.

Untuk itu, menjaga kesehatan ginjal adalah hal yang sangat penting dan perlu diperhatikan. Mengingat peran ginjal yang sangat penting bagi kesehatan tubuh seseorang.

Tips dan cara menjaga ginjal agar tetap sehat


Setiap orang harus mengetahui bagaimana menjaga kesehatan ginjal dengan baik agar ginjal tetap sehat dan berfungsi dengan optimal dalam tubuh. Apabila ginjal terjaga kesehatannya, maka sisa metabolisme dan cairan berlebih dapat dikeluarkan oleh tubuh dan tidak menjadi racun sehingga tubuh akan tetap sehat.

1. Perbanyak minum air putih 

Dengan minum air putih yang banyak, maka ginjal akan bekerja lebih baik karena pembuangan urin menjadi lancar dan kinerja ginjal menjadi lebih ringan.
Aktivitas yang berat dan menyita waktu, tenaga dan fikiran dapat membuat tubuh dehidrasi dan ginjal kering sehingga tidak mampu mengeluarkan racun secara normal.  Jika terus menerus maka akan mengakibatkan sakit pinggan dan ginjal mengalami kerusakan. Dengan diimbangi minum air putih yang banyak, maka fungsi ginjal tidak akan terganggu.

2. Olahraga dengan teratur 

Dengan melakukan olahraga resiko seseorang menderita penyakit ginjal akan menurun.
Karena ketika seseorang berolahraga dapat mengubah cara tubuh menangani nutrisi dan cairan yang sangat berpengaruh pada ginjal. Ketika seseorang berolahraga, keringat yang keluar dari tubuh akan lebih banyak dan seseorang cenderung akan minum air putih yang banyak. Sehingga hal ini dapat mencegah terbentuknya batu ginjal.

3. Perhatikan pola makan 

Untuk menjaga kesehatan ginjal, perhatikan juga pola makan Anda. Karena fungsi ginjal adalah sebagai penyaring racun, maka makanan yang kurang sehat akan membuat kerja ginjal menjadi dua kali lebih keras dari normal.

Solusi tepat untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayur. Kandungan vitamin yang terdapat buah dan sayur selain menjaga kesehatan organ lainnya juga dapat mencegah dari kerusakan ginjal.


4. Menjaga tekanan darah

Tekanan darah juga merupakan suatu hal yang mempengaruhi kondisi ginjal. Tekanan darah yang terlalu tinggi akan menyebabkan seseorang memiliki penyakit ginjal.

5. Menjaga berat badan 

Agar ginjal tetap sehat, jagalah berat badan Anda tetap ideal. Berat badan yang berlebih akan menyebabkan gangguan pada ginjal. Karena lemak yang tertimbun pada perut dan sekitarnya akan menyebabkan ginjal terasa sesak dan membuatnya sedikit sulit dalam memproses urin. Sehingga mengakibatkan penyakit ginjal.

6. Menghindari makanan asin

Rasa asin yang terkandung pada makanan tertentu akan membuat ginjal tidak bekerja secara maksimal. Saat garam yang berlebih mengendap dalam tubuh maka akan menyebabkan batu ginjal.

7. Menjaga gula darah

Gula darah dalam tubuh harus slalu dikontrol karena jika gula darah dalam tubuh terlalu tinggi maka akan menyebabkan ginjal terlalu banyak menyaring terlalu banyak darah. Dan apabila hal ini terus menerus trjadi akan dapat mengakibatkan fungsi ginjal akan mengalami penurunan dan terjadi kebocoran pada saringan yang terjadi pada ginjal.

8. Berhenti merokok 

Merokok adalah salah satu penyebab kerusakan ginjal dalam tubuh seseorang. Karena ketika seeorang merokok, maka aliran darah menuju berbagai orga tubuh akan menjadi lambat dan akan memperparah kondisi penderita ginjal.

9. Jangan mengkonsumsi obat-obatan

Beberapa minuman seperti alkohol, soda beberapa produk minuman energi yang memiliki kalori tinggi akan dapat mengganggu fungsi ginjal dalam waktu yang panjang.

Demikian tadi tips dan cara menjaga ginjal agar tetap sehat. Semoga Anda bisa menerapkan di kehidupan sehari-hari, mengingat betapa pentingnya organ ginjal bagi tubuh kita.


Terima Kasih telah membaca Artikel 6 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Yang Perlu Anda Ketahui. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post