-->

Jumat, 05 Agustus 2016

Waspadai 6 Tanda Ini, Bisa Jadi Ginjal Anda Bermasalah

author photo
RahasiaSehat.net - Ginjal adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh manusia. Ginjal dalam tubuh manusia berukuran sangat kecil, Namun fungsinya sangat besar sekali bagi tubuh. Karena di dalam ginjal lah yang dapat mengeluarkan toksin yang ada pada tubuh. Selain itu, Ginjal juga berfungsi untuk menjaga tekanan darah, mengatur garam, kadar asam, dan kalium, ginjal juga dapat memproduksi vitamin D dan mengontrol sel darah merah. Maka jika kesehatan ginjal terganggu akan menyebabkan beragam tanda-tanda sistemyk yang sangat beragam.

ilustrasi tanda-tanda ginjal bermasala ( Sumber : www.sameeh.net )


Tanda-tanda ginjal bermasalah sangat sulit dideteksi secara kasat mata karena kerap kali dianggap sebagai gejala biasa. Biasanya tubuh baru akan merasakan dampaknya setelah fungsi ginjal tinggal 20 persen. Makanya tak heran ketika seeorang memeriksakan penyakitnya kepada dokter sudah pada tahap yang sudah parah.

Tanda-tanda ginjal bermasalah


Seperti yang telah kita ketahui pentingnya organ ginjal dalam tubuh kita, kita harus mewaspadai tanda-tanda ginjal yang telah mengalami masalah sebelum terlambat. Karena jika organ ginjal sudah rusak akan sulit untuk disembuhkan dan akan sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tanda-tanda ginjal bermasalah berikut ini :


1. Frekuensi berkemih kurang dari normal 

Dalam keadaan normal, biasanya setiap orang akan mengeluarkan air seni kurang lebih 1 liter tiap harinya. Jika produksi air seni Anda berkurang, hal ini bisa jadi pertanda kesehatan ginjal telah mengalami gangguan. Untuk itu, jangan diabaikan dan segera periksakan ke dokter.

Ginjal berperan dalam menyaring zt racun yang ada dalam tubuh dan mengeluarkan bersama dengan air seni. Jika fungsi ginjal terganggu, tentunya akan menyebabkan orga tidak bekerja secara maksimal dalam mengeluarkan racun sehingga akan terjadi penumpukan dana pabila dibiarkan, lama kelamaan akan membuat air seni berkurang yang dapat mengakibatkan gagal ginjal.

2. Merasa mual, muntah dan kurang nafsu makan

Hal ini dapat terjadi ketika racun menumpuk pada sistem tubuh dan mulai meracuni organ termasuk perut dan otak. Karena ginjal yang seharusnya bekerja untuk menyaring racun tidak bekerja dengan maksimal, sehingga menyebabkan racun mengendap dalam tubuh. Hal inilah yang menyebabkan rasa mual, muntah dan kurangnya nafsu makan.

3. Tubuh lemas dan wajah pucat

Tanda selanjutnya adalah perubahan yang terjadi pada tubuh yaitu tubuh terus menerus merasa lemas dan wajah terlihat pucat. Hal ini disebabkan karena ketika ginjal bermasalah maka produktivitas sel darah didalam tubuh berkurang. Sehingga apabila dibiarkan ttanpa adanya penanganan yang tepat maka tubuh akan mengalami lemas dan pucat, karena kekurangan darah atau anemia.

4. Pembengkakan pada tubuh 

Ketika ginjal mengalami masalah maka akan terjadi pembengkakan pada bagian tubuh tertentu seperti pada perut, kaki, mata bahkan pada tahap yang lebih serius pembengkakan bisa terjadi pada seluruh tubuh.
Hal ini disebabksn karena, tubuh tidak dapat mengeluarkan cairan karena ginjal organ yang berfungsi untuk pembuangan tidak bekerja secara optimal. Sehingga akan terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh.

5.Mengalami osteoporosis

Salah satu fungsi ginjal adalah melindungi kalsium pada badan, Sehingga ketika ginjal telah mengalami gangguan secara otomatis tubuh juga akan kekurangan kalsium. Apabila tidak segera di tangani maka penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang akan menerpa Anda.

6. Mengalami sesak nafas

Penumpukan cairan yang tidak dikeluarkan oleh ginjal juga akan menumpuk pada paru-paru sehingga akan mengakibatkan sesak nafas. Biasanya hal ini terjadi jika kerusakan ginjal sudah mencapai tahap akhir sehingga sangat sulit untuk disembuhkan karena telah banyak cairan yang telah menumpuk pada paru-paru, akibat tidak optimalnya fungsi ginjal yang dibiarkan selama bertahun-tahun.

Demikian tadi 6 tanda-tanda ginjal bermasalah yang harus Anda waspadai. Ginjal merupakan organ yang sulit untuk disembuhkan jika mengalami kerusakan, untuk itu sekecil apapun gejala ginjal bermasalah sebaiknya waspadai sebelum terlambat.


Terima Kasih telah membaca Artikel ini. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post