-->

Rabu, 10 Agustus 2016

Awas, 14 Makanan Yang Bikin Anda Cepat Tua

author photo
RahasiaSehat.net - Siapa sih yang ingin terlihat tua? Bisa dipastikan setiap orang pasti tidak ingin mengalami penuaan dini, dan tentunya ingin selalu terlihat awet muda setiap saat. Sehingga banyak orang melakukan berbagai macam cara agar terlihat lebih muda meskipun usia mereka sudah menginjak senja.

Ilustrasi makanan yang menyebabkan cepat tua ( Sumber : www.nuga.co )

Secara medis menjadi tua merupakan proses adanya penuaan sel yang dipengaruhi oleh inflamasi. Oeh karena itu jika Anda ingin slalu tampil awet muda Anda harus menghindari penyebab-penyebab yang dapat menimbulkan inflamasi.

Inflamasi biasanya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Ketika makanan sehat yang seeharusnya dikonsumsi setiap hari telah diabaikan, maka beberapa perubahan dalam tubuh juga akan terlihat seperti Anda tampak lebih cepat tua. Salah satunya adalah gigi yang cepat rusak dan kulit yang terlihat kusam.

Berikut ini ada 12 jenis makanan yang menurut ahli gizi dapat membuat Anda lebih cepat tua, antara lain :

1. Garam

Garam dapat membuat tubuh terdehidrasi. Sehingga ketika tubuh banyak mengasup garam dan mengalami dehidrasi maka tubuh akan mengalami lemas dan terlihat lelah dan tua.

Selain itu, mengkonsumsi garam berlebih akan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti tekanan darah tinggi, ginjal dan dapat mengganggu metabolisme tulang.

2. Gula 


Ketika tubuh kelebihan gula, maka akan mengakibatkan gula menempel pada kolagen. Sehingga kulit akan terlihat tidak fleksibel dan tampak kaku. Hilangnya elastisitas kulit akan mengakibatkan kulit menjadi keriput dan akan terlihat lebih tua.

3. Minuman  berkarbonasi

Minuman berkarbonasi mengandung kadar gula yang tinggi dan memiliki rendah nutrisi. Gula pada minuman ini juga dapat mengakibatkan penyakit berbahaya seperti Obesitas, diabetes, hipertensi, sakit jantung dan stroke.

Menurut penelitian, satu kaleng minuman berkarbonasi setiap hari dapat menyebabkan kenaikan berat badan hingga 7 kg dalam setahun pada tubuh seseorang.

4. Minuman beralkohol

Kulit yang sehat berasal dari hati yang sehat. Hati berperan dalam mengeluarkan racun-racun yang berpotensi merusak kulit.

Minuman yang mengandung alkohol dapat merusak fungsi organ hati. Untuk itu, jika hati tidak berfungsi dengan baik dan tidak dapat mengeluarkan racun dalam tubuh maka akan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah pemasalahan pada kulit seperti jerawat, warna kulit yang memudar dan keriput atau penuaan dini.

Selain itu, alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan kurang nyamannya untuk tidur. Ha l ini juga dapat mempercepat proses aging pada kulit dan tidur yang tidak berkualitas dapat mengakibatkan keriput, mengurangi elastisitas dan pigmentasi yang tidak merata.

5. Minyak goreng

Minyak goreng adalah minyak nabati yang mengandung lemak. Mengkonsumsi minyak goreng secara berlebih tanpa diimbangi dengan olahraga yang teratur dapat mengakibatkan tubuh mengalami penimbunan lemak yang dapt membuat kegemukan sehingga  mempercepat terjadinya penuaan dini.

6. Daging merah 


Daging merah merupakan salah satu makanan favorit bagi kebanyakan orang. Tetapi mengkonsumsi makanan vegetarian lebih baik jika Anda ingin terlihat lebih muda. Daging merah merupakan salah satu makanan yang dapata menyebabkan Anda lebih cepat tua.

Daging merah dapat menyebabkan radikal bebas. Sehingga radikal bebas akan mencari elektron yang hilang dengan merobek elektron sel-sel yang sehat dan merusaknya. Hal ini akan membuat rusaknya kolagen dan mempengaruhi kesehatan kulit.

7. Lemak trans

Lemak trans biasanya didapatkan pada makanan seperti es krim, semua makanan yang di goreng, aneka makanan panggang yang dibekukan, pop corn dalam kemasan, dan aneka biskuit.

Lemak trans sangat buruk bagi kesehatan kulit dan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Selain itu lemak trans juga dapat meningkatkan peradangan pada kolagen sehingga dapat mempercepat penuaan. Untuk itu, hindarilah minyak yang mengandung lemak trans saat berbelanja di supermarket.

8. Olahan daging

Makanan olahan daging seperti sosis, nugget, kornet, bacon dan bakso merupakan daging olahan yang abnayak mengandung sulfat dan pengawet sehingga dapat menyebabkan peradangan pada kulit dan mempercepat penuaan. Untuk itu, mengkonsumsi olahan daging harus diimbangi dengan banyak mengkonsumsi sayuran.

9. Makanan bakar yang gosong

Anda harus lebih memperhatikan makanan bakar yang sering Anda konsumsi seperti jagung akar, iga bakar, ayam bakar, sate dan makanan yang dibakar lainnya. Karena kandungan zat hidrokarbon pro-inflamasi yang berasal dari arang hitam dan masih menempel pada makanan dapat merusak kolagen yang ada dalam tubuh. Untuk itu, pastikan Anda membersihkan seluruh sisa arang yang menempel pada makanan yang Anda bakar sebelum Anda mengkonsumsinya.

10. Makanan Pedas

Makanan pedas banyak menimbulkan reaksi pada tubuh. Makanan pedas juga dapat memperburuk kulit rosacea dan mengakibatkan kerusakan kulit selamam menopause.

Untuk itu, sesekali boleh mengkonsumsi makanan pedas dan jangan berlebihan. Terlalu sering mengkonsumsi makanan pedas dapat menyebabkan melebarnya pembuluh darah vena, bengkak dan kemerahan permanen pada kulit.

11. Kopi

Kandungan kafein yang berlebih pada kopi dapat menyebabkan tubuh terdehidrasi. Karena kafein dapat menguras kelembaban dan membuat tubuh mudah mengeluarkan cairan. Sehingga hal ini dapat menyebabkan kulit menjadi kering, kusam dan terlihat tua.

Selain itu, kafein dalam kopi juga banyak mengandung asam sehingga dapat merusak gigi. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengkonsumsi kopi tanpa gula untuk mengurangi perubhaan warna akibat terlalu sering minum kopi dan selalu ikuti dengan minum segelas air putih setelah Anda minum kopi.

12. Teh hitam

Kandungan tanin yang terdapat pada teh hitam dapat menyebabkan noda hitam pada gigi Anda yang dapat merusak gigi.

13. Anggur putih

Zat asam yang dihasilkan oleh anggur putih dapat menyebakan plak pada gigi. Sehingga apabila dengan tidak sengaja tercampur dengan noda makanan lain dan menempel pada gigi dapat mengakibatkan rusaknya email pada gigi. Hal ini dapat mengakibatkan gigi tampak kusam dan rapuh.

14. Lemonade 


Buah-buahan lemonade seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis merupakan buah-buahan jyang memiliki rasa yang segar dan mengandung ba nyak vitamin untuk tubuh. Namun, mengkonsumsi buah ini secara berlebihan dapat menyebabkan menipisnya enamel gigi. Terutama pada buah lemon, Mengkonsumsi jus lemon secara berlebihan dapat menciptakan kerusakan pada gigi yang lebih dibandingkan dengan jus jeruk dan jus grapefruit. Selain itu, tambahan gula ketika mengkonsumsi lemonade juga dapat memperparah kerusakan, menyebabkan penumpukan plak dan menciptakan noda pada gigi. Untuk itu, sebaiknya Anda menggunakan sedotan ketika mengkonsumsi minuman lemonade.

Demikian tadi 14 makanan yang dapat mempuat Anda cepat tua. Untuk itu, sebaiknya Anda menghindarinya atau mengkonsumsi nya dengan tidak terlalu berlebihan agar Anda tetap terlihat awet muda.

Terima Kasih telah membaca Artikel ini. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post