-->

Rabu, 10 Agustus 2016

10 Makanan yang Membuat Anda Mudah Mengantuk

author photo
RahasiaSehat.net - Beberapa makanan dan minuman ada yang membuat anda betah melek atau semangat terus. Ada pula makanan atau minuman yang memicu rasa kantuk. Jika anda memiliki jadwal atau acara penting, sebaiknya hindari makanan yang dapat menyebabkan rasa kantuk. Akan tetapi jika anda ingin cepat beristirahat dan mengantuk, 5 makanan dibawah ini bisa bikin anda mudah mengantuk.


1. Salad
Meski menyehatkan, mengonsumsi salad di waktu yang salah dapat menyebabkan kantuk. Salad hanya terdiri dari potongan selada, wortel serut, tomat dan sayuran segar lain. Dalam semangkuk salad anda hanya akan mendapat kalori sekitar 200. Oleh karena itu mengapa anda cepat lapar dan mudah mengantuk.

Marisa Moore, RD juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics mengatakan bahwa salad yang ditambahkan dengan saus seperti madu mustard atau raspberry vinaigrette biasanya juga tinggi gula sehingga dapat membuat rasa kantuk. Untuk mencegah kantuk di siang hari, bisa menambahkan dengan sayuran dan protein seperti ayam, dan karbohidrat kompleks agar dapat membakar energi.

2. Keju
Keju merupakan salah satu produk olahan susu yang sangat nikmat dan disukai oleh berbagai kalangan. Banyaknya kandungan nutrisi pada keju bisa membuat anda sehat dan terhindar dari penyakit. Pakar gizi klinik dari Pusat Kedokteran Integratif di klinik Cleveland mengatakan bahwa produk olahan susu dapat mengembangkan reaksi imunologis (intolerasi kasein dan whey) terhadap protein sehingga mereka rentan mengalami kelelahan.

Kandungan kalsiumnya yang baik bisa mengobati gangguan sulit tidur alias insomnia. Insomnia sendiri dikenal sebagai suatu kondisi dimana seseorang mengalami sulit tidur walaupun sebenarnya secara fisik sudah sangat lelah, akan tetapi sangat susah untuk memejamkan mata dan tidur dengan terlelap. Kandungan kalsium yang ada pada keju membuat otak anda memanfaatkan tryptophan. Selanjutnya, melatoninlah yang akan terproduksi sehingga anda akan mengantuk dan anda akan cepat tertidur.

3. Pisang
Kebanyakan dari kita merasakan, jika tubuh atau fisik kita lelah maka tidurpun akan bisa lebih cepat karena lelah dapat menjadikan mata lebih berat. Jika ingin cepat merasakan kantuk, makanlah buah pisang dan anda akan mengantuk seketika. Hal ini dikarenakan pisang memiliki kandungan magnesium dan kalium yang dapat membuat saraf serta otot lebih tenang. Kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam pisang akan membuat trytopan berubah menjadi serotonin sehingga tubung yang tegang akan menjadi lebih santai.

4. Kacang
Sumber magnesium bisa diperoleh dari kacang-kacangan, seperti almond, kacang mete dan kacang tanah. Karena kandungan magnesium yang cukup tinggi dan juga adanya kandungan tryptopan, akan berperan dalam membuat fungsi saraf serta otot menjadi berkurang sehingga otomatis anda akan merasa sangat rileks dan perlahan akan muncul rasa kantuk. Mengonsumsi segenggam kacang almond ternyata dapat memberikan efek ngantuk, maka makanlah pada malam hari sebagai cemilan sehat sebelum tidur.


5. Coklat hitam
Siapa yang tidak suka coklat? pasti anda salah satu penggemar coklat. Sungguh asyik makan cokelat atau dark chocolate ketika sedang bersantai atau saat berada dalam keadaan stres maupun tertekan. Jenis coklat ini bisa dimakan kapan saja secara lebih fleksibel, entah itu siang atau malam. Jika susu cokelat dikenal sebagai stimulan yang memberikan anda energi lebih sehingga anda tidak mudah merasakan lelah dan akan terasa semangat sepanjang hari, tapi berbanding terbalik dengan dark chocolate.

Cokelat disebut sebagai makanan penyebab kantuk yang baik dalam membuat tubuh serta pikiran lebih rileks dan cocok untuk dikonsumsi bagi yang tengah berada dalam kondisi stres.

6. Kangkung
Kangkung adalah jenis sayuran yang mampu membuat pengonsumsinya menjadi cepat mengantuk. Belum ada penelitian yang bisa menjelaskan secara pasti tentang kebenaran dari efek kangkung tersebut. Akan tetapi banyak yang mencurigai adanya zat dalam kangkung yang dapat membuat pengonsumsinya menjadi lebih tenang. Ketika pikiran sudah rileks dan tenang, seseorang akan mudah mengantuk lalu tertidur dengan lelap. Akan tetapi hal ini tidak berlaku bagi semua orang sebab untuk dapat mengantuk. Karena kadar senyawa sedatif yang diperlukan tubuh setiap orang berbeda-beda.


7. Buah cherry
Buah cherry yang nampaknya segar ternyata memiliki efek yang tidak terduga. Buah yang yang notabee berukuran kecil ini memiliki efek mengantuk luar biasa bagi para pengonsumsinya. Bagi anda yang belum tahu mungkin hal ini sangat mengejutkan. Karena zat yang terdapat di dalam buah cherry adalah zat melatonin yang akan membuat tubuh menjadi lebih santai dan membuat anda mudah mengantuk. Bagi anda yang mempunyai insomnia, bisa mencoba memakan atau membuat jus dari buah cherry ini untuk membantu jam tidur anda.

8. Roti gandum
Jika glukosa dalam darah naik, maka energipun akan naik. Sedangkan saat kadar glukosa menurun, percaya atau tidak energi yang anda miliki akan melemah sehingga anda merasakan tubuh lemah dan lesu. Roti yang biasa anda konsumsi sebagai menu sarapan di pagi hari memang membuat energi anda penuh. Tetapi asupan glukosa dari roti gandum akan cepat turun sehingga bisa membuat anda cepat mengantuk meski waktu masih terlalu pagi. Sebaiknya hindari sarapan dengan menu roti gandum pada pagi hari agar tidak cepat merasa ngantuk.

9. Madu
Madu sudah dikenal banyak orang, makanan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, kecantikan, perawatan kulit bahkan rambut. Yang perlu diketahui bahwa madu memiliki kandungan kadar glukosa yang tinggi. Glukosa ini yang membuat produksi zat kimia otak terjaga. Zat kimia tersebut dikenal dengan sebutan orexin dan gunanya adalah membuat anda terus terjaga. Jika produksinya ditutup otomatis anda akan merasakan kantuk seketika. Yang perlu anda perhatikan, jangan mengonsumsi terlalu banyak, cukup satu sendok makan madu yang icampurkan ke dalam makanan atau minuman favorit anda. Selalu perhatikan

10. Nasi putih
Makanan pokok yang satu ini tentu sudah banyak yang mengalaminya secara nyata. Setelah mengonsumsi nasi putih, tubuh akan terasa mengantuk apalagi jika mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Indeks glimaks  di dalam nasi putih terbilang tinggi, sehingga saat makan terlalu banyak atau terlalu sering akan membuat anda ngantuk seketika. Namun ketika malam hari, demi membuat anda mengantuk jangan lewatkan makan nasi dengan sayur dan lauknya.

Saat anda sudah kenyang, dan dalam keadaan senggang tidak melakukan kegiatan apapun, maka anda akan mengantuk dengan cepat. Akan tetapi tunggu jedanya sekitar 2 jam agar makanan yang berada di perut benar-benar sudah dicerna dengan baik agar tidak menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut ketika bangun pagi.



Terima Kasih telah membaca Artikel 10 Makanan yang Membuat Anda Mudah Mengantuk. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post