-->

Rabu, 03 Agustus 2016

Ini 10 Dampak Buruk Sering Membentak Anak Yang Wajib Anda Ketahui

author photo
RahasiaSehat.net  -  Masa kecil adalah masa pertumbuhan yang krusial. Dalam tahapan ini pola pikir, daya ingat, kognitif dan kreatifitas mulai terbentuk. Masa kecil merupakan masa memasuki dalam tahapan masa emas. Cara berfikirnya masih dalah tahap perkembangan. Sehingga rasa ingin tahunya sangat tinggi dan cenderung lebih suka melakukan hal-hal yang baru.

Ilustrasi orang tua membentak anaknya ( Sumber : www.pelangiblog.com )

Kebiasaan membentak anak, seringkali dilakukan oleh orang tua kepada anaknya. Entah karena anak yang nakal, tidak mau makan atau karena berbuat sesuatu yang mengancam keselamatannya. Membentak anak dilakukan sebaga respons spontan yang dilakukan orang tua tehadap anaknya untuk menarik perhatian anak agar dapat memperhatikannyadan mendengarkan ucapannya. Sedikit sekali orang tua yang mampu untuk menahan suaranya untuk membentak Anak.

Tahukah Anda, bentakan yang Anda lakukan terhadap anak memberikan dampak negatif pada perkembangan otak anak. Bentakan yang Anda lakukan merupakan gelombang suara dan apabila disertai dengan gelombang emosi yang dihasilkan oleh otak kiri Anda akan berkolaboasi menghasilkan gelomabang baru yaitu efek negatif. Efek negatif ini akan bersifat destruktif terhadap sel-sel otak terutama bagi otak anak yang menjadi sasaran bentakan tersebut.

Menurut sebuah penelitian, dampak membentak anak sangat lah berbahaya. Efek yang ditimbulkan bukan hanya anak akan diam pada saat itu juga, Melainkan juga akan berdampak pada jangka panjang karena akan memberikan pengaruh yang cukup signifikan.

Berikut beberapa dampak buruk kebiasaan membentak anak yang perlu Anda ketahui :

1. Memusnahkan sel otak anak

Perkataan kasar atau bentakan dapat membunuh lebih dari 1 milyar sel otak saat itu juga.

Ketika anak bereksperimen, maka sel otak anak akan bekerja. Sinaps atau jembatan-jembatan antar sel akan mulai terhubung dan membentuk jalan elektro magnetik. Semakin banyak sinaps yang bergabung maka akan semakin cerdas otak anak. Namun sel sinaps ini mudah sekali rontok. Salah satu yang dapat menyebabkan sel sinaps rontok adalah bentakan keras dari orang luar yang dapat mengguncang psikologis anak. Hal ini akan mengakibatkan sel sinaps yang tadinya terhubung menjadi putus kembali.

Sebaliknya, dengan satu pujian, pelukan, kehangatan dan kasih sayang dari orang tua akan membangun dengan sangat baik bibit-bit kecerdasan otak anak. Dan akan membuat perkembangan otak anak bekerja dengan sangat cepat.

2. Tumbuh menjadi anak yang minder


Anak yang sering kali dibentak oleh orang tuanya cenderung menjadi tertutup kepada temannya dan akan tumbuh menjadi aorang yang minder. Rasa percaya diri nya akan menurun dan mengganggap dirinya kurang. Sehingga dia tidak mau melakukan hal yang baik, walaupun sebenarnya dia bisa melakukan. Dia akan menganggap orang lain itu lebih sempurna.

3. Anak akan kesulitan dalam berfikirnya

Ketika Anak dibentak oleh seseorang maka mereka akan kesulitan untuk berfikir jernih. Karena ketika dibentak, pastinya akan ada rasa marah, kecewa, emosi dan sedih yang akan berkumpul menjadi satu. Anak yang sering dibentak bahkan dapat melakukan hal-hal yang dapat membahayakan untuk dirinya sendiri. Kemampuannya dalam berfikir akan menurun karena ia sudah terbiasa dibawah tekanan orang lain.

4. Daya kreatif akan menurun

Anak yang sering dibentak akan takut untuk melakukan hal-hal yang baru. Karena ketertarikannya dalam melakukan sesuatu akan menurun dan daya imajinatifnya juga akan berkuarng. Sehingga daya kreatifitasnya a kan menurun dari sebelumnya. Hal ini tidak berdampak saat ini saja ketika dia masih kecil, akan tetapi juga akan berdampak nantinya ketika dia besar karena anak tidak akan menampilkan kreatifitasnya lagi.

5. Kecerdasannya akan berkurang

Salah satu dampak yang berbahaya ketika membentak anak adalah kecerdasan anak akan menurun. Karena sel-sel otak tidak bisa bersinapsis atau bersambungan sehingga dapat berpengaruh terhadap kecerdasan anak.

6. Anak akan berkepribadian mudah marah


Karena seringkali dibentak, maka anak akan mempunyai sikap mudah sekali marah. Biasanya ia akan meluapkan emosinya dengan bentakan pula. Anak akan menjadi cenderung sensitif dan agresif.

7. Tumbuh jadi Anak pemberontak

Anak yang sering kali dibentak, kemungkinan besar akan tumbuh menjadi anak yang pemberontak. Karena mereka akan belajar dari bagaimana orang tuanya mendidik ketika masih kecil. Apabila ia dididik dengan nada suara yang keras maka dia juga akan berbuat hal yang demikian, sama dengan orang tuanya mengajarinya dulu.

8. Tidak bisa menghargai orang lain

Membentak anak akan cenderung membuat anak bersikap dingin dan tidak peduli terhadap lingkungannya. Mereka sama sekali tidak mau menghargai pendapat orang lain. Hal ini tentu saja disebabkan karena kehadirannya tidak dihargai oleh orang tuanya.


9.  Kepercayaan anak terhadap orang tua akan menurun

Orang tua merupakan panutan bagi anaknya. Termasuk dalam berbicara, anak akan seringkali meniru kebiasaan orang tuanya. Ketika Anda memarahi dan membentak anak di depan teman-temannya akan dapat mempertaruhkan harga diri sang anak, sehingga hal ini dapat mengakibatkan tingkat kepercayaan anak terhadap orang tua akan menurun. Hal ini nantinya akan menjadikan nasihat orang tua di pandang sebelah mata oleh sang anak.

10. Jantung anak bisa kelelahan

Menurut salah seorang dokter yang juga pengajar di UKDW Yogyakarta menyebutkan bahwa denyut nadi seseorang juga dapat berubah-ubah yang tergantung dari suara yang dia dengar.
Sehingga ketika orang tua mempunyai kebiasaan membentak anak, maka akan dapat mengakibatkan organ jantung a nak akan berdetak dengan sangat cepat Atau abnormal. Sehingga dapat menyebabkan jantung menjadi mudah kelelahan.

Demikian tadi Dampak negatif kebiasaan membentak Anak, yang perlu Anda ketahui. Jadi untuk orang tua, sebaiknya menyadari dunia anak jauh bebeda dengan orang dewasa. Ketika anak melakukan kesalahan maka jangan menggunakan tolak ukur orang dewasa untuk menghadapinya. Tetaplah bersabar, untuk kebahagiaan anak Anda juga keluarga tentunya.


Terima Kasih telah membaca Artikel Ini Dampak Buruk Sering Membentak Anak Yang Wajib Anda Ketahui. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post