-->

Jumat, 05 Agustus 2016

Rasakan 13 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Apel

author photo
RahasiaSehat.net - Apel, buah yang mejadi icon kota Batu Malang ini memiliki setumpuk manfaat sehat jika dikonsumsi secara rutin. Apel sangat membantu menjaga kesehatan dan bahkan mencegah penyakit dan juga bisa digunakan untuk program diet anda. Pada umumnya semua masyarakan suka apel bukan? Buah mulus ini tidak hanya menyehatkan kulit, tapi juga bisa memberikan manfaat untuk jantung.
Ilustrasi Buah Apel (Sumber: infokuberita.com)

Cara kerja apel untuk diet hampir sama dengan manfaat beras merah yaitu memiliki kandungan serat yang tinggi. Buah apel akan terasa kenyang lebih lama di lambung kita, sehingga kita tidak mudah merasa lapar karena penyerapannya secara perlahan. Hal ini sangat membantu agar asupan makanan yang berkalori tinggi dapat diminimalisir. Saat lambung terdapat glukosa, lambung merasa lapar dan memerintahkan otak untuk mencari makanan.

Setelah anda makan mungkin rasa lapar akan hilang, dan disaat inilah peran serat apel akan lebih bertahan lama dilambung dan membuat rasa kenyang yang lebih lama pada lambung. Jadi kita tidak akan mudah merasa lapar. Selain itu buah apel tidak memiliki kandungan lemak, bahkan kaya akan serat yang baik untuk usus dan program diet anda.

Apel memiliki khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh manusia, berikut adalah 10 manfaat apel apabila dikonsumsi secara rutin yang sangat menakjubkan bagi tubuh manusia.
1. Membantu kinerja usus halus
Usus halus adalah salah satu bagian dalam pencernaan makanan, yaitu sebagai pemroses makanan dan mengambil nutrisi makanan. Dengan memakan apel secara rutin, dapat mencegah konstipasi dan gangguan pencernaan lain yang terjadi pada usus.

2. Mencegah dan mengobati kanker
Pada kulit apel terdapat senyawa triterpenoids yang diidetifikasi pada sebuah penelitian oleh Cornell University diketahui bahwa, senyawa ini mampu menghambat sel kanker yang menimbulkan gejala kanker payudara, kanker hati, dan gejala kanker usus besar. Dalam penelitian tersebut ditemukan bahwa makan satu buah apel per hari bisa mngurangi resiko kanker payudara sebesar 17%. Makan tiga apel per hari bisa mengurangi resiko 39%, dan bagi mereka yang makan enam apel per hari bisa mengurangi resiko sebesar 44%. Efek antioksidan dan anti-inflamasi pada apel mampu melawan kanker dan kematian akibat kanker.

Ilustrasi Buah Apel (Sumber: KiatSehat.com)

3. Mengobati asma
Sifat antioksidan pada apel efektif dalam melindungi paru-paru dari kerusakan oksidatif. Sebuah studi baru meneliti bahwa anak yang mengkonsumsi jus apel secara rutin dapat menekan resiko penyakit asma. Selain itu wanita hamil yang mengkonsumsi jus apel juga efektif menekan gangguan pernapasan dan anak dalam kandungannya.
Hal ini terjadi karena efek flavonoid pada kulit apel membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan mengurangi peradangan yang mempengaruhi asma dan reaksi alergi.

4. Menurunkan resiko diabetes
Pektin dalam apel pasokan asam galacturonic ke tubuh yang menurunkan kebutuhan tubuh akan insulin. Oleh karena itu, apel baik dikonsumsi bagi orang-orang yang mempunyai riwayat genetik diabetes agar tidak bertambah menjadi serius.

5. Kaya nutrisi
Kalau saja anda tahu, dalam dua cangkir apel ternyata mengandung 2.000 kalori. Selain itu buah apel ini juga mengandung berbagai macam nutrisi, diantaranya: 95 kalori, 4 gram serat, 14& vitamin C, 25 gram karbohidrat, 6% potasium, 5% vitamin K, 4% mineral, vitamin A, E, B1, B2 dan vitamin B12. Sungguh banyak nutrisi yang terkandung dalam buah apel.

6. Menyehatkan rongga mulut dan gigi
Mengkonsumsi apel secara langsung dengan cara mengunyahnya akan merangsang produksi air liur untuk membersihkan rongga mulut. Selain itu zat tanin yang terdapat dalam buah apel akan membersihkan plak yang merusak gigi dan gusi.

7. Menyehatkan jantung
Apakah benar dengan mengkonsumsi apel bisa menyehatkan jantung? Ternyta apel dapat menurunkan risiko penyakit jantung, karena apel memiliki serat tinggi yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Selain itu apel juga mengandung polifenol yang memberikan efek antioksidan bagi tubuh. Sebuah penelitian ekstensif telah menghubungkan asupan serat larut dengan penumpukan plak kolesterol di arteri. Fenolik, senyawa yang terdapat pada kulit apel mampu encegah kolesterol yang masuk dan memperkuat dinding arteri. Ketika plak terbentuk di dalam arteri maka ia akan mengurangi aliran darah ke jantung, yang mengarah ke pebyakit jantung koroner. Plak ini mampu memebersihkan dengan bantuan serat larut yang terdapat pada buah apel.

Ilustrasi Buah Apel (Sumber: KiatSehat.com) 

8. Baik untuk kesehatan otak
Buah apel terbukti telah digunakan untuk melindungi sel-sel neuron yang dapat mencegah stres oksidatif yang disebabkan neutroksisitas yang memainkan peranan penting dalam mengurangi resiko gangguan neurodegenerative seperti penyakit Alzheimer.

9. Mengeluarkan racun dari hati
Di zaman semakin maju sekarang ini kita tidak terlepas dari konsumsi bahan yang mengandung 'racun' baik itu dai makanan atau minuman. Organ tubuh yang bertanggung jawab dalam membersihkan racun dari tubuh yaitu hati. Kandungan antioksidan dapat membantu mendetoksifikasi hati dari berbagai zat atau racun dalam tubuh.

10. Mencegah katarak
Studi baru-baru ini menunjukkan bahwa orang yang memiliki pola makan buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti apel 10 sampai 15 persen lebih kecil mendapatkan katarak. Mencegah lebih baik daripada mengobati, mungkin bisa anda terapkan pada pola makan anda dengan menambahkan buah apel.

11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa, quercetin antioksidan yang terkandung pada apel merah dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama ketika pikiran sedang stres.

12. Memberikan perlindungan pada tulang
Pada buah apel yang memiliki kandungan flavonoid (phloridzin) bermanfaat untuk mengurangi masalah osteoporosis pada wanita setelah monopouse. Kandungan boron pada apel juga berfungsi memperkuat tulang pada tubuh agar tidak mudah keropos. Selain itu juga sangat baik untuk mencegah munculnya gejala rematik.

13. Mencegah parkinson
Menurut penelitian, orang yang makan buah-buahan dan makanan berserat tinggi lainnya, mendapatkan manfaat dalam perlindungan terhadap penyakit parkinson. Penyakit ini ditandai dengan adanya gangguan dalam memproduksi dopamin untuk sel-sel saraf otak. Para ilmuwan telah menghubungkan dengan kekuatan antioksidan yang berfungsi melawan berbagai jenis radikal bebas.

Itulah beberapa manfaat yang begitu banyak dari buah apel, dan perlu anda ketahui jika manfaat tertinggi buah ternya pada kulit buahnya. Untuk itu, jika ingin memakan buah apel jangan kupas kulitnya. Akan tetapi yang perlu diperhatikan bahwa adanya kemungkinan residu hasil paparan pestisida yang bisa menempel pada buah apel. Oleh karena itu, pastikan jika buah apel yang akan anda konsumsi beserta kulitnya sudah benar-benar dicuci dengan bersih dan benar.




Terima Kasih telah membaca Artikel Rasakan 13 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Apel. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post