-->

Kamis, 14 Juli 2016

Nutrisi Yang Diperluka Untuk Wanita Lanjut Usia

author photo
RahasiaSehat.net -Nutrisi juga sangat di butuhkan bagi wanita yang sudah berusia lanjut. Tentunya kesehatanlah yang tetap menjadi prioritas utamanya. Nutrisi juga sangat dibutuhkan untuk mengurangi resiko penyakit jantung, diabetes, kanker dan penyakit kronis lainnya. Psikolog Dr. Nereida Correa yang berasal dari New York memberi pernyataan bahwa pada wanita yang sudah lanjut usia produksi hormon estrogennya akan menurun dan bisa menyebabkan resiko penyakit kronis tadi.


Oleh karena itu penting sekali bagi wanita yang sudah lanjut usia untuk mengetahui nutrisi apa yang dibutuhkannya agar terhindar dari penyakit-penyakit yang di inginkan.

Vitamin B12
Vitamin B12 diperlukan oleh tubuh untuk membentuk sel darah merah. namun seiring bertambahnya umur kekurangna vitamin B12 umum terjadi. Asam hidroklorida yang berfungsi untuk penyerapan vitaminnya tentu saja ikut berkurang, sehingga mengalali ingatan melemah, cepat lelah, berat badan menurun dan depresi. Disarankan untuk mengkonsumsi seperti protein hewani telur dan daging misalnya, ikan, ayam, susu dan sereal juga baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin B12. Karena di perlukan 2,4 microgram vitamin B12 untuk setiap harinya.

Vitamin B9 (Asam folat)
Walaupun asam folat terkenal dengan nutrisi untuk ibu hamil, tapi ternyata asam folat sangat dibutuhkan juga untuk wanita yang sudah lanut usia. Vitamin B9 merumakan Vitamin B komplex yang penting untuk pembentukan sel darah merah. Jika kerungangan asam folat akan membuat tubuh terasa lems, sakit kepala, berat badan turun dan juga kadar asam amino dalam darah yang tinggi. Asam folat dapat di temukan di sayuran-sayuran yang berdaun hijau seperti labu, buah, minyak zaitun, jeruk dan kacang-kacangan. Karena dibutuhkan 400 microgram asam folat untuk setiap harinya.

Vitamin D 
Vitamin D berfungsi untuk menyerap kalsium agar tulang menjadi kuat. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan kondisi tulang yang rapuh sehingga terkena osteoporosis. Mengkonsumsi susu rendah lemak atau bisa digantikan dengan yogurt yang rendah lemak, jus jeruk, multivitamin, kacang-kacangan dan juga keju yang mengandung vitamin D yang tinggi akan membantu untuk memenuhi vitamin D. Perlu di ingat bahwa wanita yang berusia lanjut disarankan jangan terlalu sering untuk mengkonsumsi susu.

Asam lemak Omega 3
Omega tiga dapat membantu mengurangi plak di bagian arteri dan menurunkan tekanan darah. Sehingga dapat membantu menghindarkan dari penyakit jantung. Untuk mendapatkan manfaat omega 3 bisa mengkonsumsi ikan nila, salmon dan ikan kod yang bisa dikonsumsi minimal dua kali dalam satu minngu. Atau bisa dengan minyak zaitun yang baik untuk kesehatan karena mengandung asam lemak yang tak jenuh.

Kalsium
Kalsium berfungsi untuk membantu pembentukan sel-sel baru pada tulang. Sumber kalsium antara lain dapat di dapatkan dari produk susu, tahu, sereal, kedelai, minuman dari beras dan sayuran seperti kubis, brokoli, sawi dan juga ikan bertulang lunak sarden atau salmon. Untuk wanita lanjut usia juga disarankan untuk konsumsi 2 kali sehari suplemen kalsium sebanyak 600 mg.

Terima Kasih telah membaca Artikel ini. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post