-->

Sabtu, 30 Juli 2016

Ternyata Begini Bahaya Tato Bagi Kesehatan

author photo
RahasiaSehat.net - Tato berasal dari kata yunani Tahiti yaitu Tatu yang artinya menandaakan sesuatu. Pengertian tato yaitu, gambar atau lukisan yang digambar di kulit atau pada tubuh seseorang dengan cara memasukkan suatu tinta atau pigmen khusus kedalam tubuh dengan menggunakan jarum khusus.


Tato ada yang dibuat secara permanen ada pula yang dibuat hanya sementara saja bertahan pada kulit. Menggunakan tato sudah dilakukan sejak 3000 tahun sebelum masehi oleh masyarakat mesir kuno. Tato pertama kali ditemukan pada mumi yang ada di mesir. Tato kemudian menyebar ke suku-suku didunia terutama suku Dayak yang ada di Indonesia.

Dahulu tato identik dengan preman atau orang yang melakukan kriminalitas sehingga dapat menambah keseraman mereka. Namun saat ini tato sudah menjadi populer dan menjadi salah satu bagian penting dalam meningkatkan penampilan seseorang. Tato sekarang sudah menyebar pada semua lapisan masyarakat baik artis, selebritis, pemain bola, bahkan banyak kaum wanita dan remaja hingga anak-anak sudah memiliki tato pada tubuh mereka. Tato pada wanita biasanya berada pada bagian punggung, lengan, dan betis.

Pada sebagian anak muda teerutama laki-laki, memiliki tato membuat mereka merasa bangga. Mereka menganggap dengan memiliki tato pada tubuh mereka membuat mereka lebih keren, sehingga mereka merasa nyaman membuat tato pada bagian tubuh mereka. Padahal tanpa disadari banyak sekali bahaya membuat tato bagi kesehatan.

Membuat tato selain merasa sakit ketika jarum tato menyentuh kulit juga mengundang banyak kontroversi, terutama agama Islam yang sangat melarang membuat tato dan mengharamkannya. Karena menurut agama Islam, membuat tato sama dengan merubah ciptaan Allah yaitu ketika kita memiliki kulit atau tubuh yang bersih kemudian kita membuat tato, berarti ada bagian tubuh kita yang berubah, kulit yang tadinya mulus menjadi ada gambar ular, naga atau lain-lainnya.

Selain itu, tato diharamkan karena najis yaitu bercampur dengan darah yang ada dalam tubuh. Sehingga gambar yang ada dalam tubuh karena tato adalah campuran antara tinta tato dengan darah yang ada dalam tubuh. Jadi, pada bagian luar pembuat tato terdapat darah kering yang telah bercampur dengan tinta yang membentuk tato.

Bagi Anda yang berminat ingin membuat tato, sebaiknya Anda kembali untuk mempertimbangkannya. Karena selain di cap tidak bagus oleh masyarakat dan agama ternyata membuat tato di kulit juga berbahaya bagi kesehatan.

Bahaya tato bagi kesehatan

1. Infeksi

Pembuatan tato ada yang dilakukan dengan hati-hati dan steril dan ada juga yang dilakukan dengan tidak steril atau tidak memperhatikan apa resiko yang dapat terjadi pada konsumen. Dan ini yang paling berbahaya, jika pemasanagan tato dilakukan dengan tidak steril akan dapat menyebabkan infeksi HIV dan hepatitis C yang sangat berbahya jika tidak segera di tangani. Infeksi hepatitis C ini dapat menimbulkan sirosis atau pengerasan hati dan berkembang menjadi kanker.

2. Alergi

Ketika Anda memasang tato untuk pertama kali Anda merasa tidak mengalami alergi, tetapi hal itu tidak sepenuhnya aman. Karena alergi bisa saja terjadi pada pemasangan tato kedua, ketiga atau sterusnya. Atau bisa saja terjadi pada beberapa bulan kemudian.

3. Kulit terbakar matahari

Pada beberapa jenis tinta tato mengandung cadmium. Kandungan cadmium dapat meningkatkan resiko kullit terbakar akibat paparan sinar matahari. Beberapa tinta yang dilaporkan menyebabkan reaksi tersebut adalah terutama pada tinta yang berwarna hitam, kuning, merah dan biru.

4. Menyamarkan gejala penyakit

Ini adalah bahaya tato yang harus diwaspadai. Karena penggunaan tato pada kulit dapat menutupi perubahan yang terjadi pada kulit. Sebagaimana seperti kanker kulit seperti karsinoma sel skuamosa, karsinoma sel basal dan melanoma yang sering kali dapat dideteksi dari perubahan tekstur permukaan kulit.

5. Reaksi ion listrik

Berdasarkan laporan di 2011, salah seorang pemain bola professional menderita luka bakar saat melakukan pemindaham MRI. Luka bakar tersebut berada pada tato warna hitam yang ada pada tubuhnya. Luka bakar tersebut terjadi akibat arus listrik yang dihasilkan oleh tinta tato yang mengandung besi oksida. Ternyata selain warna hitam, besi oksida juga banyak ditemukan pada tinta tato warna merah.

Demikian tadi dampak buruk tato bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Jadi sebelum Anda memutuskan untuk membuat tato, sebaiknya Anda perlu perhatikan juga efek buruk tato yang bisa ditimbulkannya.


Terima Kasih telah membaca Artikel Ternyata Begini Bahaya Tato Bagi Kesehatan . Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post