-->

Senin, 01 Agustus 2016

Inilah 6 Gejala Kanker Kulit Yang Harus Kita Waspadai

author photo
RahasiaSehat.net - Setiap orang pasti mendambakan merasakan hidup yang sehat. Namun karena di sebabkan ileh suatu hal di lingkungan dalam hidup maupun di lingkungan dalam kerja bisa mengakibatkan terjadinya kanker kulit. Kanker kulit terjadi karena kanker yang menyebar pada melanosit yang merupakan sel pigmen yang dapat menghasilkan melanin. Dan fungsi melanin ialah menyerap sinar ultraviolet dan mencegah kulit dari kerusakan. Hal ini biasa di mulai dari kulit tubuh manusia dan bisa menyebar ke organ lainnya. Biasanya di tandai dengan kemunculan tahi lalat yang baru atau adanya perubahan pada tahi lalat yang lama. Hal ini bisa terjadi pada seluruh tubuh, namun yang sering biasanya pada bagian tangan, wajah, punggung, kaki. Namun banyak orang yang biasanya terkena penyakit kulit tapi tidak menyadarinya. Hal ini pastinya merugikan bagi pasien karena tidak dapat mengatasinya dari awal.

Gejala Kanker Kulit Yang Harus Kita Waspadai

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya akan berbagi gejala kanker kulit yang perlu kita waspadai :

1. Dimulai dari adanya perubahan pada tahi lalat.

Biasanya ciri utama merupakan di tahi lalatnya, adanya perbahan bentuk, warna maupun ukuran pada tahi lalat perlu untuk di waspadai, seperti :


Warna : Tahi lalat dalam hal ini akan mengalami perbahan warna, umumnya bisa menjadi perpaduan warna atau warna tidak merata seperti biru, putih, hitam coklat, merah dan lain-lain.
Tidak halus : Permukaan pada tahi lalat tidak halus, bergerigi atau lebih menonjol dari kulit.
Bentuk dan ukuran : Bentuk tahi lalat akan berubah-ubah seiring bertambahnya waktu. Anda bisa menelitinya dengan memfoto tahi lalat dan bandingkan dengan tahi lalat pada minggu setelahnya. Selain bentuk ukuran juga akan ikut berubah, biasanya ukuran akan cenderung bertambah besar.
Terasa sakit : Saat di sentuh benjolan akan terasa sakit dan terasa gatal. Hal harus juga anda berhatikan yaitu ketika ada luka kecil pada kulit namun tak kunjung sembuh dan terus mengeluarkan darah. Hal ini bisa menjadi gejala kanker kulit yang perlu kita waspadai.

2. Hiperpigmentasi atau warna kulit berubah menjadi lebih gelap.

3. Warna mata dan kulit menjadi kekuningan.

4. Kulit mengalami memar tanpa tahu sebab pastinya.

5. Kulit berubah warna menjadi kemerahan atau di sebut erterma.

6. Tumbuhnya rambut yang berlebih.

Kanker kulit memang bukan kanker yang banyak memakan nyawa dan kanker kulit membutuhkan waktu lama untuk menyebar ke organ lainnya. Kanker kulit memang banyak menyerang orang yang memiliki pigmen putih, namun juga tidak dapat di pungkiri juga dapat menyerang orang yang memiliki pigmen kulit hitam. Hal ini bisa terjadi karena orang yang memiliki pigmen kulit putih lebih sedikit memberi perlindungan dari paparan sinar UV dan tidak memiliki pigmen yang sekuat pigmen kulit hitam. Dengan adanya kondisi saat ini yang panas global menjadi semakin parah sehingga munculnya cuaca yang ekstream dapat menambah resiko terjadinya kanker kulit.

Pengobatan kanker kulit biasanya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu kemoterapi dan radioterapi. Biasanya kemoterapi untuk pasien yang masih dalam tahap stadium awal, dengan kemoterapi dapat membunuh sel-sel kanker dan juga sel-sel sehat yang lain. Sedangkan radioterapi merupakan terapi penyinaran ke pasien kanker untuk menghambat prtumbuhan sel kanker ke bagian yang lain dari tubuh. Pengobatan ini bisa dilakukan sendiri-sendiri maupun secara bersamaan. Tergantung tingkat stadium yang pasien kanker kulit derita.

Terima Kasih telah membaca Artikel 6 Gejala Kanker Kulit Yang Harus Kita Waspadai. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post