-->

Jumat, 29 Juli 2016

Ternyata Manfaat Dan Rahasia Menangis Bagi Kesehatan Itu Seperti Ini

author photo
RahasiaSehat.net - Menangis adalah luapan perasaan dalam diri seseorang yang ditandai dengan keluarnya air dari mata. Biasanya menangis dianggap sama dengan menunjukkan kelemahan, bahkan orang yang menangis sering dianggap sebagai orang yang cengeng, lemah ataupun penakut.



Menangis bisa disebabkan karena putus cinta ataupun frustasi terhadap masalah yang dihadapi seseorang, tetapi banyak orang mengaku merasa lebih nyaman setelah menangis dan mengeluarkan air mata. Menurut mereka, Mengeluarkan air mata dapat meringankan apapun beban yang sedang mereka alami.

Demikian juga ketika seseorang sedang terharu bahagia, air mata terkadang sering kali menetes. Atau orang biasa menyebutnya dengan air mata bahagia.

Menurut para ahli, menangis merupakan proses keluarnya air mata pada diri seseorang yang disebabkan karena faktor emosi seperti, sedih, marah, terharu atupun bahagia.

Tanpa disadari, ternyata menangis bagi kesehatan tubuh dan fikiran seseorang. Inilah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan setelah Anda menangis.

Manfaat menangis dan air mata bagi kesehatan

1. Membantu Penglihatan

Cairan yang keluar dari mata dapat mencegah dehidrasi pada membran mata, yang dapat membuat penglihatn Anda menjadi kabur. Sehingga bersyukurlah bagi Anda yang masih bisa mengeluarkan air mata, karena salah satu fungsi air mata adalah melumasi mata dan mencegah mata agar tidak kering.

2. Air mata dapat membunuh bakteri

Di dalam air mata mengandung zat anti bakteri lysozyme. Zat lysozyme dapat membunuh bakteri pada mata yang tertinggal dari keyboard komputer, bersin, pegangan tangga, dan tempat-tempat yang mengandung banyak bakteri, hingga 90-95 persen dalam waktu 10 menit saja. Bisa dibayangkan betapa mengerikannya bakteri yang ada di sekitar kita menumpuk pada mata.

3. Mengeluarkan racun

Dalam penelitian yang dilakukan oleh biokimia, William Frey menunjukkan bahwa, air mata yang keluar ketika menangis karena emosional seperti sedih dan stress mengandung banyak racun. Sehingga, keluarnya air mata yang beracun tersebut menandakan bahwa air mata membawa racun dari dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui mata dengan cara menangis.

4. Meningkatkan mood
Ketika seseorang menangis, akan menurunkan level depresinya. Sehingga mood akan terangkat kembali.
Air mata yang dikeluarkan dengan menangis karena emosi mengandung 24 persen protein albumin yang berfungsi untuk meregulasi sistem metabolisme tubuh dibandingkan air mata yang dihasilkan karena iritasi mata.

5. Menurunkan tekanan darah
Dalam sebuah studi menunjukkan bahwa, menangis juga dapat menurunkan tekanan darah dan detak jantung seseorang. Hal ini dapat dilihat pada mereka yang telah melalui sesi terapis intens yang memugkinkan mereka banyak menangis.

6. Melegakan perasaan

Banyak orang merasakan, ketika didera berbagai macam masalah atau cobaan kemudian mereka menangis biasanya akan muncul perasaan lega dalam diri mereka.
Keluarkan masalah pada pikiranmu dengan menangis. Karena setelah menangis sistem limbik, jantung dan otak akan menjadi lancar. Hal itu akan membuat perasaan lebih lega dan menjadi lebih baik.

7. Membersihkan hidung
Air mata yang mengalir melalui saluran mata, akan melewati rongga hidung tempat mereka bersentuhan dengan mukus. Apabila ada mukus yang menumpuk disana air mata akan mendorongnya keluar dari hidung.

8. Menurunkan tingkat stress
Air mata yang Anda keluarkan dengan menangis ternyata juga mengeluarkan hormon stress yang terdapat dalam tubuh, yaitu hormon endorphin leucine-enkaphalin dan hormon prolactin. Dengan menagis, semua zat kimia akan keluar. Itulah kenapa kebanyakan orang merasa lebih nyaman dan lebih lega setelah mereka menangis.

Jika Anda menahan keluarnya air mata, itu berarti Anda sedang meningkatkan tingkat stress Anda yang tentunya akan dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan lainnya seperti jantung dan darah tinggi.

9. Membangun komunitas
Selain untuk kesehatan fisik, ternyata menangis juga sangat baik untuk membantu seseorang dalam membangun komunitas. BIasanya ketika seseorang menangis akan menceritakan masalahnya kepada teman-temannya sehingga teman-temannya akan memberikan dukungan. Hal ini akan dapat meningkatkan sosialisai kepada sesama.

Demikian tadi manfaat  menangis bagi manusia, Menangis memang mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan dan fikiran. Tetapi juga jangan terlalu berlebihan dalam menangis. Karena hal itu merupakan sebuah pertanda Anda mengalami kondisi yang tidak baik.


Terima Kasih telah membaca Artikel Ternyata Manfaat Dan Rahasia Menangis Bagi Kesehatan Itu Seperti Ini. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post