-->

Senin, 01 Agustus 2016

23 Manfaat / Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan

author photo
RahasiaSehat.net - Siapa sih yang tidak mengenal tanaman lidah buaya? Tanaman lidah buaya ( Aloe vera ) adalah sejenis tumbuhan berduri yang berasal dari daerah kering yang ada di Benua Afrika. Tanaman lidah buaya telah dikenal dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu karena mempunyai manfaat dan khasiat yang sangat luar biasa.



Manfaat lidah buaya sudah terbukti berkhasiat untuk kesehatan maupun kecantikan. Manfaat lidah buaya kerap kali dijadikan sebagi bahan alternatif untuk mengatasi berbagai macam keluhan tubuh bagian luar maupun bagian dalam seperti penyubur rambut, penyembuh luka, serta dapat dijadikan sebagai perawatan kulit.

Di dalam tanaman lidah buaya, banyak mengandung berbagai senyawa biologis aktif, seperti polymannans, antrakuinon, mannans asetat, berbagai zat saponin dan lektin serta senyawa antrakuinon.
Senyawa antrakuinon yang terdapat pada tanaman ini sangat berperan dalam menangkal bakteri.

Tak hanya itu, tanaman lidah buaya banyak mengandung sekitar 75 jenis zat yang sangat bermanfaat dan kurang lebih sekitar 200 senyawa lain yang sangat berkhasiat, sehingga lidah buaya sangat layak disebut dengan tanaman herbal.

Manfaat Lidah buaya bagi kesehatan


1. Mengobati Luka

Tanaman lidah buaya sangat bermanfaat dalam menangani luka-luka ringan. Anda bisa menggunakannya untuk mengobati luka bakar, meredakan rasa perih karena lecet, mengurangi warna lebam karena memar, meredakan rasa perih karena terbakar sinar matahari serta mengurangi kerusakan sel akibat frostbite.

2. Melancarkan pencernaan

Tanaman lidah buaya sudah dikenal sejak lama untuk membantu melancarkan pencernaan da n menjaga nya agar tetap sehat.
Dalam pencernaaan yang sehat adalah kunci tubuh yang sehat karena dalam pencernaan yang buruk dapat berujung berbagai macam penyakit.

3. Mengeluarkan racun

Di dalam tanaman lidah buaya banyak mengandung gelatin, yanng berfungs untuk menyerap racun yang berada pada usus dan mengeluarkan nya bersama dengan kotoran.

4. Mengatasi diabetes

Bagi Anda yang menderita diabetes, mengkonsumsi lidah buaya dengan aturan tertentu dapat membantu Anda untuk menurunkan level gula darah Anda.
Caranya, ambil lidah buaya bersihkan dan buang durinya, kemudian rebus dengan air 3 gelas. Rebus hingga menyisakan air rebusan hingga setengahnya. Minum ramuan ini 3 kali perhari, masing-masing setenagh gelas.

5. Mengobati wasir

Tanaman lidah buaya juga sangat berkhasiat dalam mengatasi wasir.
Caranya, siapkan setengah dari batang lidah buaya dan dua sendok madu serta setengah cangkir air matang. Cara membuatnya, parut lidah buaya setelah itu tambahkan madu dan setengah cangkir air matang pada parutan tadi. Kemudian aduk hingga merata kemudian saring. Minum ramuan ini 3 kali sehari.

6. Sebagai imun tubuh

Dalam lidah buaya banyak mengandung antioksidan sehingga dengan mengkonsumsi jus lidah buaya sangat bagus dalam menangkal radikal bebas. Denagn antioksidan tersebut, tubuh akan tahan terhadap penyakit yang akan masuk ke dalam tubuh serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

7. Sebagai alkalisasi tubuh

Alkalisasi tubuh adalah suatu proses menjaga keasaman tubuh manusia, karena makanan yang kita konsumsi memiliki kandungan asam. Idealnya konsumsi makanan yang mengandung kadar asam 20 persen sedangkan 80 persen untuk makanan yang tidak memiliki kadar asam.

Mengkonsumsi jus idah buaya akan dapat membantu alkalisasi tubuh dan menyeimbangkan keasamaan makanan yang Anda konsumsi.

8. Menjaga kesehatan kardiovaskuler

Dengan mengkonsumsi lidah buaya dapat meningkatkan kemampuan di fungsi sel darah merah serta transportasi oksigen.

9. Sebagai sumber asam amino

Tanaman lidah buaya mengandung 7 daria sam amino esensial dan 19 asam amino total maka denganmudah dalam memenuhi kebutuhan asam amino sehari oleh tubuh. Tubuh kita sangat membutuhkan asam amino yang sangat berbeda dalam membangun protein, dan tidak memiliki kemampuan.

10. Mengurangi peradangan

Tanaman lidah buaya sangat berperan dalam mengurangi serta mencegah peradangan dan keseluruhan zat tanpa adanya resiko dan efek samping.

11. Sumber vitamin dan mineral

Di dalam tanaman lidah buaya menagndung banyak vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Manfaat Lidah buaya untuk kecantikan


1. Mengatasi jerawat

Lidah buaya sangat berkhasiat dalam menghilangkan jerawat di wajah.
Caranya, Oleskan bagian lendir, getah atau gel bagian dalam lidah buaya pada wajah yang berjerawat. Kemudian diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

2. Menghilangkan flek hitam

Bagi Anda yang memiliki flek hitam karena bekas jerawat atau karena kosmetik bisa mencoba menghilangkannya dengan metode ini.
Caranya, bersihkan muka kemudian ambil gel lidah buaya, oleskan pada flek yang ada di wajah, diamkan hingga 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan air bersih lalu keringkan. Lakukan minimal 2 kali sehari berturut-turut. Maka kulit pun akan kembali mulus bebas flek hitam.

3. Menghaluskan kulit wajah

Manfaat lidah buaya untuk kulit selanjutnya adalah untuk menghaluskan kulit wajah.
Caranya, campurkan 1 sdm gel lidah buaya dengan 1 sdm tepung. Kemudian tambahkan juga 1 sdm bubuk jeruk. Aduk hingga merata. Kemudian oleskan pada wajah dan  leher. Diamkan sampai mengering,kira-kira 30 menit. Terakhir, bersihkan denagn air dingin, lalu keringkan dengan handuk bersih.

4. Mengatasi kulit berminyak

Manfaat lidah buaya untuk mengatasi kulit berminyak bisa Anda dapatkan dengan cara : Ambil daging lidah buaya, rebus kemudian haluskan hingga menjadi pasta. Tambahkan sedikit madu. Lalu oleskan pada wajah. Tunggu hingga meresap, kemudian bilas.

5. Pelembab kulit

Jika Anda memiliki masalah kulit kering, Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk melembabkannya.
Caranya, Gel lidah buaya campur denga minyak zaitun. Tambahkan juga dengan shea butter. Balurkan pada wajah hingga leher Anda. Kemudian diamkan selama 20 menit agar pasta meresap pada kulit. Lalu bilas hingga bersih.

6. Pembersih wajah

Bagi Anda yang memiliki kulit yang sensitif, Anda bisa membersihkna kulit dengan lidah buaya. Karewna lidah buaya tidak akan membuatkulit teriritasi.
Caranya, Gel lidah buaya dicampur dengan jus mentimun dan sedikit susu. Tambahkan juga 3 tetes air mawar. Kenudian aduk hingga menjadi pasta. Oleskan pada wajah hingga leher. Lalu setelah kering, bersihkan dengan air dingin.

7. Mencerahkan wajah

Caranya, Hancurkan lidah buaya hingga halus lalu  campur dengan air lemon. kemudian oleskan pada wajah dan diamkan 10 hingga 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

8. Penyegar alami

Masker lidah buaya dapat memberikan efek segar pada kulit Anda.
Caranya, parut daging lidah buaya. Lalu oleskan pada wajah dan diamkan hingga 10 menit. Kemudian bilas.

9. Menyamarkan wajah bopeng

Penggunaan lidah buaya dapat mengembalikan jaringan kulit Anda yang bermasalah seperti menyempurnakan tampilan wajah Bopeng.
Caranya, Oleskan gel lidah buaya pada wajah yang berbopeng secara merata dan teratur.


10. Perawatan rambut

Lidah buaya sangat berperan dalam merawat kesehatan rambut seperti, mempercepat pertumbuha rambut, mengurangi munculnya ketombe serta dapat menggantikan posisi kondisioner dalam melembutkan rambut.
Caranya, gel lidah buaya gosok-gosokkan pada kulit kepala setelah Anda mandi sore. Lalu bungkus rambut Anda menggunakan kain. Besok harinya, cuci rambut Anda menggunakan shampo. Lakukan metode ini selama 3 bulan.


11. Menyuburkan alis

Lidah buaya ternyata juga dapat mempertebal bulu alis Anda.
Caranya, gel lidah buaya oleskan pada alis setiap akan tidur, kemudian bersihkan keesokan harinya.

12. Kesehatan bulu mata

Penggunaan maskara biasanya berefek pada kesehatan bulu mata Anda. Namun Anda tidak perlu khawatir, dengan menggunakan gel lidah buaya bulu mata Anda akan kembali sehat dan tumbuh lebat.
Caranya, bersihkan bulu mata Anda dari maskara, kemudian gel lidah buaya oleskan pelan-pelan pada bulu mata Anda. Biarkan hingga 30 menit lalu cuci dengan air bersih. Jika Anda melakukannya dengan rutin, bulu mata Anda akan sehat, kuat, tebal dan tidak mudah rontok.

Demikian tadi manfaat lidah buaya bagi kesehatan dan kecantikan. Melihat banyak sekali manfaat dan khasiat lidah buaya yang bisa Anda dapatkan, ada baiknya Anda mencoba menanam tanaman lidah buaya dalam pot di rumah. Denagn menggunakan lidah buaya, tubuh Anda akan sehat kulit juga akan terlihat lebih cantik.


Terima Kasih telah membaca Artikel  Manfaat Khasiat Lidah Buaya Untuk Kesehatan dan Kecantikan . Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post