-->

Sabtu, 06 Agustus 2016

Rambut Rontok Pasca Melahirkan, Kenapa ya?

author photo
RahasiaSehat.net - Anda mengalami rambut rontok pasca persalinan dan menyusui? Rambut rontok setelah melahirkan adalah hal yang wajar terjadi. Karena setelah melahirkan terjadi penurunan hormon yang sangat drastis.

Ilustrasi rambut rontok pasca melahirkan ( Sumber : www.sehatmagz.com )


Ketika Anda pada masa kehamilan, perubahan hormonal akan membuat rambut Anda akan tampak lebih cantik, lebih berkilau, lebih halus dan lebih tebal. Bahkan ujung rambut tidak bercabang dan tidak rontok. Rambut yang bergelombang bisa menjadi lurus, bahkan sebaliknya. Wanita yang biasanya kehilangan 100 helai rambut setiap harinya, semua rambut tidak rontok selama masa kehamilan. Pada Umumnya, 3 sampai 6 bulan setelah Anda melahirkan anda akan menemukan jumlah rambut yang rontok bertambah bahkan kadang ada yang menemukan rambut yang rontok hingga satu genggaman tangan.

Apa penyebab rambut rontok pasca melahirkan ?


Siklus pertumbuhan rambut normal dibedakan menjadi dua fase yaitu fase pertumbuhan dan fase istirahat.

Ketika siklus pertumbuhan ini berlangsung selama 3 tahun dan fase istirahat berlangsung 3 bulan. Durasi ini sangat berbeda-beda pada setiap orang. Umumnya 85 hingga 95 persen masih dalam fase pertumbuhan.

Ketika fase istirahat, rambut akan berada pada folikel sampai rambut tersebut didorong keluar oleh rambut baru yang tumbuh.
Akan tetapi, ketika masa kehamilan. hormon merangsang pertumbuhan rambut dan presentasinya.

Sehingga ketika proses kelahiran, lebih banyak jumlah rambut yang memasuki fase istirahat dan rambut-rambut tersebut akan terdorong keluar anatara 3 hingga 6 bulan pasca melahirkan.
Kebanyakan wanita akan mendapatkan siklus normal kembali setelah 6-12 bulan.

Tips mengatsi kerontokan pasca melahirkan


Maka dari itu, Ketika masa menyusui ada baiknya Anda melakukan beberapa perawatan agar dapat meminimalisir terjadinya kerontokan pada rambut.

1. Perlakukan rambut dengan lembut

Ketika Anda menyusui sebaiknya Anda memperlakukan rambut Anda dengan cara yang lembut dan jangan perlakukan rambut dengan kasar. Karena ketika Anda berlaku kasar, rambut akan mengalami trauma pada kulit kepala. Salah satu faktor kerontokan rambut juga disebabkan oleh trauma pada rambut yang terjadi di kulit kepala.

2. Mengkonsumsi makanan bergizi 


Untuk mengatasi kerontokan adalah Anda harus melakukan diet sehat. Anda bisa melakukamn diet sehat ini dengan banyak mengkonsumsi buah-buaha dan sayur-sayuran. Kandungan senyawa yang terdapat pada buah dan sayuran sangat bermanfaat untuk menjaga keutuhan folikel rambut.
Selain itu, kandungan senyawa nya juga dapat mempercepat pertumbuhan rambut. Oleh karena itu, untuk menjaga keutuhan rambut Anda bisa lebih banyak mengkonsumsi buah-buahan dan sayuan.

3. Menyisir rambut dengan benar

Menyisir rambut dengan benar yaitu, menyisir rambut ketika rambut benar-benar kering atau menggunakan sisir dengan gigi jarang ketika rambut basah. Hal ini untuk menjaga rambut tertarik keluar ketika disisir.

4. Pilih shampo yang cocok

Pilih lah shampo yang cocok untuk rambut Anda, karena dengan memilih shampo yang cocok dan berkualitas dapat membuat rambut ANda tidak mudah patah dan rontok.

5. Hindari penggunaan alat perawatan rambut

Sebaiknya Anda tidak menggunakan alat perawatan rambut seperti hairdryer, catokan, alat rebonding atau alat lainnya. Karena dengan menggunakan alat tersebut dapat mengakibatkan rambut mengalami kerontokann yang semakin parah. Penggunaan alat-alat ini akan membuat rambut menjadi panas dan mudah rontok.

6. Gunakan masker alami rambut

Jika Anda menginginkan rambut yang sehat ketika menyusui. Sebaiknya Anda mrnggunakan masker-masker rambut yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti minyak zaitun, lidah buaya dan lain sebagainya. Hal ini akan membuat rambut Anda lebih terawat.

7. Jangan Stress

Salah satu faktor penyebab kerontokan rambut adalah karena stress. Untuk itu, selalu lah berfikir positif. Nikmatilah mas-masa Anda menjadi ibu baru dengan rileks dan bahagia.


8. Hindari mengikat rambut kuat-kuat

Mengikat rambut kuat-kuat atau measang rol rambut terlalu ketat dapat menyebabkan kepala stress dan bisa memicu kerontokan.

Anda juga bisa mengatasi rambut rontok secara alami dengan :

1. menggunakan lidah buaya
2. Memijat kepala
3. Menggunakan daun seledri
4. Menggunakan teh hijau
5. Menggunakan jus alami

Demikian tadi penyebab rambut rontok pasca melahirkan dan tips cara mengatasinya. Semoga dapat membantu Anda, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika rambut rontok pasca melahirkan.

Terima Kasih telah membaca Artikel  Ibu Menyusui Sering Kali Mengalami Rambut Rontok, Kenapa ya?. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post