-->

Selasa, 09 Agustus 2016

6 Hal yang Harus Anda Hindari Agar Tidur Lebih Nyenyak

author photo
RahasiaSehat.net - Mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas sangatlah penting, karena jika anda sering kurang tidur, akan sangat mempengaruhi kesehatan dan aktivitas anda sehar-hari tentunya. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, seseorang yang kurang tidur akan bermasalah dengan berat badan, tidak semangat, masalah pada jantung, bahkan membuat tubuh anda rentan terkena penyakit. Kita semua telah mengetahui bahwa tidur sangatlah penting bagi kita. Stelah seharian beraktivitas, tentunya tubuh harus diistirahatkan agar keesokan harinya bisa kembali beraktivitas lagi.


Kualitas tidur juga dipengaruhi oleh seberapa banyak aktifitas anda. Jumlah makanan dan minuman apa saja yang masuk serta stimulasi mental terutama beberapa jam sebelum anda pergi tidur. Bagi seseorang yang menderita insomnia atau susah tidur, biasanya dikarenakan aktivitas apa yang dilakukan sebelum tidur.

Berikut ini ada 8 hal yang sebaiknya anda hindari di waktu malam agar anda memperoleh tidur yang sehat dan berkualitas.
1. Bermain HP
Sebuah studi menemukan bahwa, seseorang yang menatap layar alat-alat elektronik seperti TV dan ponsel di waktu malam, akan menyebabkan seseorang sulit tidur. Sebaiknya hindari cahaya dan radiasi dari perangkat elektronik dan HP anda agar didaptkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Cahaya dari layar HP juga tidak baik bagi kesehatan mata anda, apalagi anda bermain HP di ruang yang gelap. Sayangi mata anda dari sekarang.

2. Makan cokelat
Hindari memakan cokelat apalagi cokelat hitam pada malam hari sebelum tidur. Karena cokelat hitam mengandung kafein yang sama halnya seperti kopi. Banyak orang yang belum mengetahui bahwa es krim yang mengandung cokelat atau kopi dapat menjadi pengganggu tidur. Cokelat juga mengandung stimulan yang disebut theobromine yang diketahui dapat menaikkan ritme jantung dan membuat otak lebih terjaga.

3. Minum Teh
Teh ternyata mengandung kafein sama halnya seperti kopi dan cokelat hitam. Teh yang mengandung kafein diantaranya teh hitam, cokelat, dan putih. Akan tetapi ada juga teh herbal seperti peppermint atau chamomile yang mungkin bebas kafein. Jika ingin meminum yang hangat-hangat ketika malam hari, minumlah air putih yang dikasih air panas sedikit. Lebih sehat dan membantu melunturkan lemak yang mungkin ada di tubuh anda.


4. Makan makanan yang terlalu berbumbu dan berlemak
Hindari makan menjelang waktu tidur, karena hal tersebut akan membuat tidur anda tidak nyenyak dan perut akan terasa kembung atau sakit. Biasanya, makanan yang pedas atau berlemak sangat berisiko menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut. Ini disebabkan karena makanan yang pedas atau berlemak merangsang asam lambung. Sebaiknya paling lambat dua jam sebelum waktu tidur agar tubuh memiliki waktu cukup untuk mencerna makanan. Hindari makanan yang pedas atau berlemak, dan jangan berlebihan.

5. Mandi
Sesibuk apapun dan semalam apapun pekerjaan anda, hindari mandi malam. Karena hal tersebut akan membuat anda terbangun dan merasa segar lagi. Sehingga akan mengganggu jam tidur anda. Mandi yang baik sebelum matahari terbit, yaitu antara jam 2 sampai menjelang subuh. Karena disaat jam tersebut masih bayak ozon diudara yang akan memberi efek menyehatkan bagi tubuh anda. Mandi malam juga akan menyebabkan badan pegal-pegal jika ini anda lakukan setiap hari. Lebih baik cukup cuci muka, cuci kaki dan bersihkan mulut saja.

6. Merokok
Faktor pengganggu tidur lainnya adalah merokok. Kandungan nikotin pada rokok atau tembakau adalah stimulan dan dapat membuat insomia anda mejadi lebih buruk. Nikotin bisa menyebabkan anda bangun lebih awal dari yang semestinya.

Itulah beberapa hal yang harus anda hindari agar mendapatkan tidur yang sehat dan berkualitas. Semoga bermanfaat agar kita lebih sehat.



Terima Kasih telah membaca Artikel 6 Hal yang Harus Anda Hindari Agar Tidur Lebih Nyenyak. Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini sepenuhnya bukan karya rahasiasehat.net. Kami hanya blogger yang tertarik untuk menulis konten-konten dengan tema kesehatan yang kami kumpulkan informasinya dari berbagai website kesehatan. Mohon maaf jika ada salah-salah dalam penulisan dan pemasangan gambar. Semoga Allah senantiasa membimbing kita ke jalan yang lurus dan diridloinya...

Terima Kasih sudah klik tombol Share di bawah ini. Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post